2022-08-23

Pekerjaan Jurusan Teknik Perminyakan dengan Gaji Tinggi

Daftar isi

Tutup

two engineers wearing personal protective equipment walking in manufacture

Mau cari pekerjaan yang sangat dibutuhkan pada jangka waktu lama? Jawaban untuk pertanyaan ini adalah Anda harus mengambil kuliah jurusan teknik perminyakan. Pekerjaan jurusan teknik perminyakan juga punya peluang yang sangat luas bagi para lulusannya, karena sangat dibutuhkan oleh hampir di seluruh negara.

Terlepas dari itu, pekerjaan jurusan teknik perminyakan juga sudah terkenal sebagai salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi, apalagi di Indonesia. Beberapa perusahan besar perminyakan yang menawarkan gaji tinggi dan fasilitas yang mumpuni untuk karyawannya adalah Pertamina, Chevron, dan Conoco Phillips.

Tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba peruntungan di pekerjaan jurusan teknik perminyakan, apalagi jika Anda benar-benar tertarik dengan bidang teknik. Lalu, sebetulnya apa saja sih yang harus dikuasai oleh jurusan teknik perminyakan dan prospek pekerjaannya seperti apa ya? Akan kami bahas secara garis besar pada ulasan kali ini.

Pengertian Jurusan Teknik Perminyakan

Biasanya, jurusan teknik perminyakan ini mendalami bagaimana cara menambang mineral yang paling berharga, seperti minyak bumi, gas alam, dan panas bumi. Jurusan perminyakan ini memang sangat identik dengan teknik pertambangan, tapi yang membedakan adalah jenis bahan yang ditambang itu sendiri.

Proses penambangan yang harus dikuasai tak hanya mencari sumber minyak bumi saja, tapi juga mencakup tahapan survey, studi kelayakan investasi, pengeboran, completion, produksi, sampai well intervention, yang memang sudah seharusnya akan diajarkan kepada para mahasiswa yang mengambil jurusan teknik ini.

two engineers with white helmet reading a blue print site plan

Mata Kuliah Yang Dipelajari

Tiga mata kuliah yang wajib dan harus dikuasai oleh para mahasiswa adalah fisika, kimia dan matematika. Tapi, selain tiga mata kuliah ini, mata kuliah ekonomi dan bahasa juga akan Anda pelajari. Kemudian jurusan teknik perminyakan juga sudah pasti akan mendapatkan pelajaran dasar perminyakan seperti pengeboran, penyimpanan minyak, alur cairan, geologi,dan masih banyak lainnya.

Kuliah di jurusan ini, Anda akan lebih sering menghabiskan waktu di laboratorium. Hal ini bertujuan untuk melakukan eksperimen dan analisa. Harus Anda ketahui juga bahwa pekerjaan pada jurusan teknik perminyakan akan sangat menuntut banyak hal seperti harus bisa bekerja sama dengan tim, menulis laporan dan proposal, serta kemampuan berkomunikasi juga menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh para lulusannya.

Baca Juga : 5 Perusahaan Perminyakan Terbesar di Dunia

Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Perminyakan

1. Insinyur Perminyakan

Insinyur perminyakan adalah salah satu pekerjaan jurusan teknik perminyakan yang dapat Anda pilih. Tugasnya yaitu memperkirakan kemampuan pembuatan dan nilai ekonomis yang terdapat pada sumur minyak dan gas. Tak hanya itu saja, Anda juga akan turut bekerja untuk pengembangan rencana pengeboran ladang minyak dan gas. Untuk penghasilan pada pekerjaan ini berkisar antara Rp. 5 juta hingga Rp. 7 juta per bulannya.

2. Ahli Teknik Minyak Bumi

Jurusan teknik perminyakan memang jurusan yang sangat dibutuhkan, jadi tidak heran kalau pekerjaan jurusan ini tak akan terlalu jauh dengan sebutan ‘ahli’, seperti ahli teknik minyak bumi. Ahli teknik minyak bumi ini punya tugas untuk mengonsep metode yang nantinya bisa meningkatkan penarikan minyak dan gas juga produksi untuk merubah desain peralatan. Gaji pekerjaan ahli teknik minyak bumi juga lumayan apalagi untuk para fresh graduate, yakni berkisar Rp. 5 juta hingga Rp. 7 juta/bulan.

dsilhouette of two engineer and drilling rig

3. Ahli Tambang

Pekerjaan di jurusan teknik perminyakan tak melulu di wilayah perminyakan saja. Untuk para lulusannya juga dapat merambah ke bidang pertambangan. Tugas seorang yang ahli tambang adalah meninjau lapisan permukaan yang berfungsi untuk mengidentifikasi karakteristik tanah. Di awal karir, Anda bisa dapat penghasilan mulai dari Rp. 4,5 juta hingga 7 juta per bulannya. Untuk lulusan baru, angka tersebut termasuk cukup besar lho.

4. Geological Data Technician

Seorang geological data technician biasanya mempunyai tugas utama untuk mengoperasikan atau menyesuaikan peralatan yang digunakan agar mendapatkan data geologi. Gaji yang diperoleh rata-rata sebesar Rp.3,5 juta hingga Rp. 5 juta untuk fresh graduate. Profesi geological data technician ini, bisa Anda pertimbangkan sebagai pekerjaan pada jurusan teknik perminyakan yang ada. 

Demikian ulasan yang kami paparkan kepada Anda agar bisa menjadikan referensi yang bermanfaat, apalagi buat Anda yang memang sangat tertarik pada jurusan teknik perminyakan ini. Jangan lupa untuk share ke sosial media ya. Baca juga informasi menarik lainnya di website ini ya.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Memahami Cara Kerja Flow Meter dan Pentingnya Mengukur Aliran pada Sistem

Pentingnya memastikan kuantitas setiap fluida akurat di seluruh proses kerja, dari awal hingga akhir secara berkala untuk memastikan seluruh proses kerja seperti perpindahan cairan dan pengendalian fluida berfungsi secara akurat, lancar, dan aman. Bisa dilakukan menggunakan Flow Meter.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengoptimalkan Efisiensi Jaringan Perpipaan dengan Smart Pipeline

Smart Pipeline bisa dibilang merupakan sebuah lompatan kemajuan yang signifikan dalam inovasi terkait pengangkutan dan pendistribusian sumber daya yang penting. Kombinasi sensor dan analisis data tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Industri melalui Rehabilitasi Pipa

Seperti halnya infrastruktur lainnya, pipa-pipa industri juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan seiring berjalannya waktu. Rehabilitasi pipa bisa menjadi solusinya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Piping abbreviations: Istilah dan Singkatan Penting dalam Sistem Perpipaan

Menggali lebih dalam dunia perpipaan seringkali dihadapkan pada berbagai istilah dan singkatan yang mungkin membingungkan bagi yang belum berpengalaman. ACS telah merangkum beberapa untuk Anda ketahui.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Itu Sistem HVAC dan Apa Saja Manfaat serta Dampaknya?

Meskipun sistem ini telah diaplikasikan secara luas, masih banyak yang belum familiar akan istilah sistem HVAC, terlebih pemahaman yang mendalam tentang komponen-komponen dan fungsinya. Mari kita ulas informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Saja 6 Tahapan Proses Pembuatan BBM?

Perlu diketahui bahwa setiap tetes bahan bakar yang kita gunakan melalui kendaraan atau peralatan listrik telah menjalani serangkaian proses yang kompleks. Apa saja prosesnya?