+6221 - 21192698/99 ext 211

081218871252

salesonline@alvindocs.com

Ruko Garden Shopping Arcade Blok B09CP

Pekerjaan Jurusan Teknik Perminyakan dengan Gaji Tinggi

21 Juli 2020

Pekerjaan Jurusan Teknik Perminyakan dengan Gaji Tinggi

Mau cari pekerjaan yang sangat dibutuhkan pada jangka waktu lama? Jawaban untuk pertanyaan ini adalah Anda harus mengambil kuliah jurusan teknik perminyakan. Pekerjaan jurusan teknik perminyakan juga punya peluang yang sangat luas bagi para lulusannya, karena sangat dibutuhkan oleh hampir di seluruh negara.

Terlepas dari itu, pekerjaan jurusan teknik perminyakan juga sudah terkenal sebagai salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi, apalagi di Indonesia. Beberapa perusahan besar perminyakan yang menawarkan gaji tinggi dan fasilitas yang mumpuni untuk karyawannya adalah Pertamina, Chevron, dan Conoco Phillips.

Tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba peruntungan di pekerjaan jurusan teknik perminyakan, apalagi jika Anda benar-benar tertarik dengan bidang teknik. Lalu, sebetulnya apa saja sih yang harus dikuasai oleh jurusan teknik perminyakan dan prospek pekerjaannya seperti apa ya? Akan kami bahas secara garis besar pada ulasan kali ini.

Baca juga : 
- Pengertian dan Rangkaian Pekerjaan Fitter
- Istilah dan Fungsi Jabatan di Proyek Konstruksi
- Pengertian dan Rangkaian Pekerjaan Fabrikasi

Pengertian Jurusan Teknik Perminyakan

Biasanya, jurusan teknik perminyakan ini mendalami bagaimana cara menambang mineral yang paling berharga, seperti minyak bumi, gas alam, dan panas bumi. Jurusan perminyakan ini memang sangat identik dengan teknik pertambangan, tapi yang membedakan adalah jenis bahan yang ditambang itu sendiri.

Proses penambangan yang harus dikuasai tak hanya mencari sumber minyak bumi saja, tapi juga mencakup tahapan survey, studi kelayakan investasi, pengeboran, completion, produksi, sampai well intervention, yang memang sudah seharusnya akan diajarkan kepada para mahasiswa yang mengambil jurusan teknik ini.

Pekerjaan Jurusan Teknik Perminyakan dengan Gaji Tinggi

Mata Kuliah yang Dipelajari

Tiga mata kuliah yang wajib dan harus dikuasai oleh para mahasiswa adalah fisika, kimia dan matematika. Tapi, selain tiga mata kuliah ini, mata kuliah ekonomi dan bahasa juga akan Anda pelajari. Kemudian jurusan teknik perminyakan juga sudah pasti akan mendapatkan pelajaran dasar perminyakan seperti pengeboran, penyimpanan minyak, alur cairan, geologi,dan masih banyak lainnya.

Kuliah di jurusan ini, Anda akan lebih sering menghabiskan waktu di laboratorium. Hal ini bertujuan untuk melakukan eksperimen dan analisa. Harus Anda ketahui juga bahwa pekerjaan pada jurusan teknik perminyakan akan sangat menuntut banyak hal seperti harus bisa bekerja sama dengan tim, menulis laporan dan proposal, serta kemampuan berkomunikasi juga menjadi kemampuan yang harus dimiliki oleh para lulusannya.

Baca juga : Prosedur Mendesain Jalur Pipa yang Tepat

Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Perminyakan

1. Insinyur Perminyakan

Insinyur perminyakan adalah salah satu pekerjaan jurusan teknik perminyakan yang dapat Anda pilih. Tugasnya yaitu memperkirakan kemampuan pembuatan dan nilai ekonomis yang terdapat pada sumur minyak dan gas. Tak hanya itu saja, Anda juga akan turut bekerja untuk pengembangan rencana pengeboran ladang minyak dan gas. Untuk penghasilan pada pekerjaan ini berkisar antara Rp. 5 juta hingga Rp. 7 juta per bulannya.

2. Ahli Teknik Minyak Bumi

Jurusan teknik perminyakan memang jurusan yang sangat dibutuhkan, jadi tidak heran kalau pekerjaan jurusan ini tak akan terlalu jauh dengan sebutan ‘ahli’, seperti ahli teknik minyak bumi. Ahli teknik minyak bumi ini punya tugas untuk mengonsep metode yang nantinya bisa meningkatkan penarikan minyak dan gas juga produksi untuk merubah desain peralatan. Gaji pekerjaan ahli teknik minyak bumi juga lumayan apalagi untuk para fresh graduate, yakni berkisar Rp. 5 juta hingga Rp. 7 juta/bulan.

Pekerjaan Jurusan Teknik Perminyakan dengan Gaji Tinggi

3. Ahli Tambang

Pekerjaan di jurusan teknik perminyakan tak melulu di wilayah perminyakan saja. Untuk para lulusannya juga dapat merambah ke bidang pertambangan. Tugas seorang yang ahli tambang adalah meninjau lapisan permukaan yang berfungsi untuk mengidentifikasi karakteristik tanah. Di awal karir, Anda bisa dapat penghasilan mulai dari Rp. 4,5 juta hingga 7 juta per bulannya. Untuk lulusan baru, angka tersebut termasuk cukup besar lho.

4. Geological Data Technician

Seorang geological data technician biasanya mempunyai tugas utama untuk mengoperasikan atau menyesuaikan peralatan yang digunakan agar mendapatkan data geologi. Gaji yang diperoleh rata-rata sebesar Rp.3,5 juta hingga Rp. 5 juta untuk fresh graduate. Profesi geological data technician ini, bisa Anda pertimbangkan sebagai pekerjaan pada jurusan teknik perminyakan yang ada. 

Demikian ulasan yang kami paparkan kepada Anda agar bisa menjadikan referensi yang bermanfaat, apalagi buat Anda yang memang sangat tertarik pada jurusan teknik perminyakan ini. Jangan lupa untuk share ke sosial media ya. Baca juga informasi menarik lainnya di website ini ya.

Berita Terkait

Daftar Harga Valve Pipa Terbaru Murah 2020
Jika Anda adalah PIC untuk perusahaan industri minyak dan gas yang sedang mencari daftar harga valve pipa besi terbaru dan paling murah 2020 di Indonesia terutama di kota besar Jakarta, Anda sedan ...
04 Agustus 2020
Ketahui 7 Kampus Jurusan Teknik Perminyakan Terbaik Dunia
Jurusan idaman para orang tua dan mertua yang sering digaungkan adalah jurusan perminyakan dan pertambangan. Kata mereka sih dua jurusan ini punya masa depan yang cerah. Tapi, tak bisa disimpulkan ...
28 Juli 2020