2022-12-30

Harga Minyak Dunia Terus Naik Berkat Vaksin Covid-20

Daftar isi

Tutup

Kenaikan Harga Minyak

Harga minyak dunia sedang mengalami tren kenaikan pada minggu ini. Hal ini karena para produsen memulihnya permintaan minyak mentah berkat uji coba vaksin virus corona yang sudah berhasil, walaupun di beberapa negara harga dibatasi.

Kenaikan ini juga disebabkan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), Rusia dan produsen lainnya dari kelompok OPEC+, akan menahan produksi minyak mentah.

Minyak mentah West Texas Intermediate AS naik 10 sen, atau 0,2%, menjadi US$ 42,52 per barel. Sementara minyak mentah berjangka Brent naik sekitar 21 sen, atau 0,5% menjadi US$ 45,17 per barel pada 0436 GMT. Kedua benchmark ini memang meningkat sebesar 5% sejak minggu lalu.

Kilang Minyak

Kabar Baik!

Sentimen positif ini terus didukung oleh kabar baik karena kemanjuran vaksin virus corona dalam pengembangan dan harapan bahwa pertemuan OPEC+ pada akhir bulan ini dapat melihat grup tersebut memperpanjang pemotongan saat ini hingga 3-6 bulan.

Baca Juga : Kapan Indonesia Bisa Stop BBM Impor

Petugas kesehatan AS mengusulkan agar inokulasi COVID-19 pertama dapat disuntik dalam 1 atau 2 hari setelah persetujuan peraturan bulan depan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) kemungkinan akan memberikan persetujuan pada pertengahan Desember untuk distribusi vaksin yang diproduksi oleh Pfizer Inc dan mitra Jerman BioNTech.

OPEC+, yang akan bertemu pada 30 November dan 1 Desember, sedang mencari alternatif untuk menunda setidaknya 3 bulan dari Januari pengurangan penurunan 7,7 juta barel per hari (bph) mereka sekitar 2 juta barel per hari.

Tapi perusahaan minyak asal Rusia yang lebih kecil terus berencana untuk memompa lebih banyak minyak mentah tahun ini, walaupun ada kesepakatan global untuk memangkas produksi karena perusahaan punya sedikit kelonggaran dalam mengelola produksi ladang minyak baru.

Perusahaan energi AS memangkas jumlah rig minyak dan gas alam yang beroperasi untuk pertama kalinya dalam 10 minggu bahkan ketika produsen kembali ke sumur dengan harga minyak mentah sebagian besar diperdagangkan lebih dari US$ 40 per barel sejak pertengahan Juni.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Menelusuri Lokasi-Lokasi Tambang Batubara di Indonesia

Batubara adalah sumber daya alam yang penting untuk menghasilkan energi, terutama dalam pembangkit listrik dan industri, dalam negeri maupun untuk ekspor. Selain itu, batubara juga digunakan dalam industri, seperti produksi baja dan semen. Akhir tahun 2023 lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru saja meresmikan kegiatan produksi tambang yang merupakan tambang batubara bawah tanah pertama di Indonesia.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Menggali Lebih Dalam tentang Jenis-jenis Metode Pertambangan

Proses penambangan tidak sederhana. Ada banyak metode yang digunakan untuk mengekstraksi mineral dari bumi, masing-masing memiliki karakteristik dan teknik tersendiri. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Perbandingan Teknologi Pembangkit Listrik Geothermal: Flash Steam, Binary Cycle, dan Dry Steam

Menjelajah informasi tentang energi geothermal yang menawarkan potensi besar sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan dan dapat membantu dalam diversifikasi sumber energi serta mitigasi perubahan iklim. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Menggali Potensi Energi Geothermal Menuju Masa Depan Berkelanjutan

Energi geothermal merupakan potensi besar yang belum sepenuhnya dimanfaatkan. Sumber daya alam satu ini melimpah, tetapi dibiarkan terkubur di dalam kerak bumi tanpa cukup dijelajahi. Padahal, potensi panas bumi sebagai sumber energi yang bersih, terbarukan, dan tidak terbatas sangatlah besar. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Potensi Energi dari Sumber-sumber Alternatif

Energi alternatif menawarkan peluang untuk mengubah paradigma energi kita dari yang berbasis bahan bakar fosil menjadi sumber daya yang bersih, berkelanjutan, dan ramah lingkungan.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengulik Proses Instrumentasi dalam Sistem Perpipaan

Menjelajahi peran penting instrumen-instrumen tersebut dalam menjaga keamanan, efisiensi, dan keandalan sistem perpipaan