+6221 - 21192698/99 ext 211

081218871252

salesonline@alvindocs.com

Ruko Garden Shopping Arcade Blok B09CP

Kenali Perbedaan Pipa dengan Tube

06 Agustus 2019

Istilah pipe dan tube terkadang sering tertukar, meskipun sama-sama punya fungsi untuk mengalirkan fluida. Pipe dan tube mempunyai karakteristik yang jelas berbeda. Pipe diidentifikasi sebagai nominal bore (NB) yaitu sebuah ukuran yang dipakai untuk penyebutan diameter dari pipa. Biasanya ukuran NB / nominal diameter (ND) / nominal pipe size (NPS) belum tentu sama dengan outside diameter (OD) dari ukuran actual pipa. Sedangkan tube, di identifikasi dengan OD yang semua ukurannya sama.

Penjelasan apa itu pipa?

Setiap pipa punya ukuran OD yang sama, biasanya dikenal dengan NPS, sedangkan thickness (schedule) nya saja yang berbeda. Untuk pipa dibawah 12", ukuran NPSnya lebih besar dari ODnya, sedangkan pipa 14" keatas ukuran NPS sama persis dengan ODnya. Biasanya dikalikan saja antara NPSnya dengan 25.4 mm sebagai konversinya.

Tabel nominal yang berbeda dari rumus diatas :

NPS

OD Pipe

1"    :

33.4mm

2"    :

60.3 mm

3"    :

88.9 mm

4"    :

114.3 mm

6"    :

168.3 mm

8"    :

219.1 mm

10"    :

273.1 mm

12"    :

323.9 mm

14"    :

(25.4x14 =) 355.6 mm

Sedangkan untuk setiap pipa punya schedule yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan. Kami pernah membahasnya pada Sejarah dan Teori Dasar Sistem Pemipaan.


Penjelasan apa itu tube?

 

Tube merupakan sebuah benda silindris yang punya lubang pada tengahnya untuk mengalirkan fluida. Berbeda dengan pipe, tube ukurannya relatif kecil dan tak dibatasi oleh spool (ukuran tertentu pada pipa, biasanya 6 meteran). Tube juga lebih fleksibel dan mudah untuk dibentuk daripada pipa.

Jika sama-sama mengalirkan fluida, lalu dimana kegunaan tube? Tube digunakan untuk peralatan instrument. Atau lebih tepatnya digunakan untuk mengalirkan fluida pada Heat Exchanger. Di dalam HE tersebut, fluida yang dialirkan pada tube akan dinaik-turunkan panasnya dengan fluida lain.

Dari sisi ukuran, tube diukur melalui Outside Diameter. Berbeda dengan pipe yang punya OD tak sama dengan NPSnya, pada tube di ukur dengan satuan tebal disebut bwg. Pipa dibuat dengan ukuran besar, tube ukurannya dibuat kecil tapi banyak. Hal ini bertujuan untuk memperluas permukaan kontak dengan fluida lain, sehingga pertukaran panas akan lebih efektif.

Ukuran tube yang besar selain lebih keras tentunya akan mudah dibersihkan juga. Sedangkan ukuran tube yang kecil transfer panas akan lebih cepat karena tingginya nilai koefisiennya.

Tube pada heat exchanger punya ukuran OD ¼ inc (6.35mm) - 2 inc (50.8 mm). Perlu Anda tahu OD tube yang tersedia adalah ¼, 3/8, ½, 5/8, 3/4 , 7/8, 1, 1 ¼, 1 ½ dan 2 inc. Perlu anda tahu juga ukuran tebal tube yaitu Bwg merupakan ukuran untuk tebal tube yang digunakan oleh TEMA (tubular exchanger manufacturers association), bwg itu kepanjangan dari birmingharm wire gauge.

Karena untuk pemindahan panas, jenis tube ini akan di susun mengikuti pola tertentu, agar proses pemindahan panasnya efektif. Seperti pipa, tube juga ada yang punya sambungan, ada juga yang seamless tube. Untuk tube yang di las, biasanya dibuat dari material strip yang di roll menjadi silinder kemudian di las.

Sedangkan seamless tube dibuat dari hasil extrude atau drawn menggunakan hot working. Untuk jenis tube yang sedang ada di pasaran saat ini memang jenis seamless (tanpa las) atau dengan di las, hanya untuk tube jenis copper dan paduan copper yang hanya ada dalam jenis seamless. Demikian ulasan dari kami, semoga anda lebih paham mengenai perbedaan pipa and tube

Simak juga video singkat mengenai perbedaan pipe dan tube dibawah ini.

Berita Terkait

Daftar Harga Valve Pipa Terbaru Murah 2020
Jika Anda adalah PIC untuk perusahaan industri minyak dan gas yang sedang mencari daftar harga valve pipa besi terbaru dan paling murah 2020 di Indonesia terutama di kota besar Jakarta, Anda sedan ...
04 Agustus 2020
Ketahui 7 Kampus Jurusan Teknik Perminyakan Terbaik Dunia
Jurusan idaman para orang tua dan mertua yang sering digaungkan adalah jurusan perminyakan dan pertambangan. Kata mereka sih dua jurusan ini punya masa depan yang cerah. Tapi, tak bisa disimpulkan ...
28 Juli 2020