+6221 - 2933 9521/22

082111422613 / 081380534301

sbu1@alvindocs.com / sbu2@alvindocs.com

APL Tower - Central Park Lantai 17

Perbedaan Penggunaan Eccentric dan Concentric Reducer

20 Juni 2019

Apa itu reducer? Reducer adalah salah satu komponen fitting pipa dari sistem pemipaan. Reducer memiliki fungsi untuk mengubah ukuran dari pipa. Sehingga, terminologi reducer digunakan ketika ukuran pipa diubah dari ukuran besar ke ukuran yang lebih kecil. Karena penggunaan kata reducer yang telah populer, istilah ini juga berlaku bagi perubahan ukuran pipa dari kecil ke besar.

eccentrik-and-cocentrik-reducer

Concentric reducer adalah jenis reducer yang memiliki satu garis tengah dan satu titik pusat (center). Sedangkan, eccentric reducer adalah jenis reducer yang memiliki perbedaan di garis tengah, bisa dikatakan concentric reducer memiliki keseimbangan yang baik dan eccentric reducer tidak memiliki keseimbangan yang baik. Namun, apakah keduanya memiliki fungsi dan penggunaan yang sama ?

Concentric Reducer

top top pump

Untuk reducer jenis ini banyak digunakan untuk line atau pipa vertikal. Terlebih ketika pompa tersebut bertipe top-top (atas-atas) maksudnya kedua pipa sama - sama menghadap atas, maka reducer ini bisa digunakan. Anda juga bisa memilih untuk menggunakan concentric reducer ini untuk dua pipa yang memiliki jarak saling berdekatan. Dan reducer ini bagus untuk penggabungan pipa dimana tidak ada kemungkinan udara yang tersumbat di dalamnya.

Eccentric Reducer

Eccentric Reducer banyak digunakan untuk pipa yang jaraknya dekat dengan pompa. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya udara yang terjebak di dalamnya. Eccentric reducer memiliki 2 jenis yaitu top flat dan bottom flat.

1. Bottom flat reducer

Reducer ini memiliki sisi lurus di bagian bawah. Bottom flat reducer umumnya digunakan pada pipa yang memuat steam (uap). Hal ini karena pipa yang memuat gas mengandung kondensat (cairan hasil dari pengembunan). Untuk melancarkan aliran kondensat ke bagian bawah, bottom flat reducer digunakan sehingga kondensat tersebut mengalir ke bagian paling bawah dan akan terkumpul pada steam trap.

Bottom flat reducer juga digunakan untuk pipa yang berada di pipe rack. Reducer ini juga bisa digunakan untuk pipa yang mengharuskan sloop, dan mudah diletakkan pada pendukungnya yang berupa rak dan rata dengan pipa dengan ukuran yang berbeda. Reducer ini juga digunakan untuk pipa yang akan disambungkan dengan pompa dan dibantu dengan top flat. 

2. Top Flat Reducer

Reducer jenis ini digunakan ketika sunction pompa berasal dari bawah. Atau jika sunctionnya dari pipa horizontal, top flat reducer dapat digunakan. Kemungkinan terjadinya udara terperangkap di sisi atas ketika kedua suction menggunakan bottom flat atau concentric reducer.

Apa yang menyebabkan udara terperangkap ? ketika menggunakan bottom flat pada pompa, udara akan terkumpul di atasnya. Memperhatikan masalah udara yang terperangkap merupakan hal yang penting karena suction tidak efektif, sehingga ruang yang seharusnya diisi menjadi terisi udara. Hal ini menyebabkan daya hisap pompa menjadi berkurang atau turun. Udara kafitasi tersebut dapat merusak pompa yang digunakan serta pipa yang dipakai.

Ketika permasalahan ini muncul, mengapa penggunaan reducer pada pompa masih digunakan ? hal ini dikarenakan biaya yang dibutuhkan akan lebih besar jika ukuran pompa yang digunakan lebih besar. Oleh karena itu, penggabungan pompa suction dipilih sehingga biaya yang dibutuhkan lebih kecil. Penggunaan eccentric reducer menjadi alternatif pilihan.

Itulah perbedaan mendasar yang dapat anda pahami mengenai penggunaan eccentric dan ecocentric reducer. Harapannya, dengan memilih reducer yang tepat, proses aliran kondensat dapat berjalan dengan baik. Permasalahan yang mungkin muncul pun dapat dihindari sehingga bisa dapat difungsikan dengan baik sesuai kegunaannya. 

Bagi anda yang sedang mencari Reducer tipe Eccentric atau Concentric bisa langsung ke distributor supplier atau agen resmi seperti di website www.alvindocs.com yang menjamin produk yang dijual adalah asli dan original dari brand terbaik di bidangnya.

Berita Terkait

Apa itu Steam Tracing pada Pipa? Ini Penjelasannya
Steam tracing merupakan suatu kondisi yang dibuat supaya fluida di dalam pipa tidak mengalami pembekuan dengan cara menjaga temperatur pipa yang cukup tinggi. Pada akhirnya nanti fluida bisa diali ...
10 Desember 2019
Begini Cara Membedakan Jenis-Jenis Stainless Steel
Material Stainless Steel biasa digunakan untuk beberapa kebutuhan sehari-hari tanpa terkecuali untuk bahan pipa dan komponen lainnya. Namun, material Stainless Steel punya beberapa jenis yaitu Aus ...
03 Desember 2019