2023-12-01

Pengertian dan Penggunaan Jack Screw Flange

Daftar isi

Tutup

Sebuah flange pipa terdiri dari beberapa komponen; flange itu sendiri, stud bolt/machine bolt, dan gasket. Fungsi atau kegunaan dari komponen pipa flange sudah sering kami bahas di artikel-artikel sebelumnya, bahwa flange berfungsi untuk menyambungkan dua buah pipa yang umumnya berbahan ferrous. Kali ini, kami akan membahas alat yang juga terkait dengan flange yaitu jack screw flange.

Pada flange pipa biasa digunakan bolt/baut untuk mengencangkan atau menyambungkan, hal ini bertujuan agar diantara flange tersebut saling terikat kuat dan tentunya agar aliran tidak mudah bocor digunakan gasket diantara dua flange. Lalu, apa definisi dan fungsi dari jack screw flange? Kami akan membahasnya secara untuk memperdalam pengetahuan Anda mengenai komponen pipa.

Pengertian Jack Screw Flange

Jack bolt atau jack screw flange adalah flange yang memiliki lubang khusus untuk dipasang machine bolt. Lubang untuk machine blot ini tidak tembus ke flange pasangannya, tapi hanya ada disatu sisi flange saja. Inilah yang dinamakan jack screw flange.

Baca Juga : Pengertian dan Rangkaian Pekerjaan Fitter Fabrikasi

jack screw carbon steel

Penggunaan Jack Screw Flange

Sebelum membahas lebih dalam mengenai jack screw flange, Anda harus lebih dulu mengenal penggunaan flange secara umum. Pada penggunaan flange, ada ukuran dan skala tertentu yang digunakan pada bautnya agar flange tersebut benar-benar rapat.

Flange juga biasa diaplikasikan ke pipa dengan equipment lain, contohnya pada rotating equipment (pompa). Setelah flange dikencangkan dengan flange lain atau flange dengan equipment-nya, flange itu akan benar-benar sangat kencang. Terutama jika sudah menempel dalam waktu yang cukup lama (beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun).

Bahkan ketika baut atau bolting-nya hendak dilepas, flange tersebut akan tetap menempel kencang dengan equipment-nya. Maka dari itu, untuk memisahkan keduanya digunakanlah jack screw flange.

Mekanisme Jack Screw

Jack screw flange punya sebuah mekanisme sendiri yang fungsinya tentu untuk memudahkan atau melepaskan dua buah flange yang melekat lama. Jack screw ini digunakan untuk melepaskan dua buah flange, saat diputar kepala bautnya, maka baut akan mendorong flange sisi satunya yang tak ada lubangnya, maka flange sisi sebelahnya bisa terdorong dan akhirnya terlepas.

Penggunaan Jack Screw Pada Pompa

Jenis flange pada pompa biasanya memiliki jack screw. Karena, untuk melepaskan flange pada rotating equipment di mana biasanya punya ruang yang terbatas, dibandingkan hanya dua buah flange di pipa yang panjang. Jack screw ini akan sangat berguna nantinya. Ibaratnya, jack screw ini akan mendongkrak flange agar mudah terpisah dan nantinya si pompa bisa diperbaiki setelah dilepas sambungan pipanya.

red and blue jack screw in pump

Penggunaan Jack Screw pada Orifice Flange

Penggunaan bolt pada jack screw flange banyak sekali ditemukan apalagi pada orifice flange. Hal itu untuk keperluan maintenance flange dari instrumen tersebut.

Jack screw flange untuk orifice flange, sudah pernah kami bahas sebelumnya di special flange. Mengenai cara kerjanya, orifice flange digunakan untuk mengukur flow rate dari gas atau liquid yang berada pada jalur pipa.

Sepasang oriface flange biasanya terdiri dari tapping (lubang, dilingkari biru) yang langsung melalui proses machining ke flange. Lubang ini akan menjadi sarana pengukuran menggunakan orifice, maka pada pipa tak perlu dilubangi lagi.

jack screw welding neck flange stainless steel

Baca Juga : Pahami Cara Baca Kode Standard ASME

Pada ASME B16.36 memuat dimensi dan tolerasi dari orifice flange (tercover juga ASME B16.5) diantaranya, penggunaannya tercover pada range berikut :

  • Welding Neck Classes 300, 400, 600, 900, 1500, 2500
  • Threaded Class 300
  • Slip On Class 300

Jack screw sendiri jika diterjemahkan, jack artinya mendongkrak, screw artinya baut (atau skrup). Jadi, jack screw itu berfungsi untuk memudahkan atau memisahkan flange. Nama lain dari jack screw yaitu jack bolt. Semoga ulasan ini bisa memberi sedikit pemahaman buat Anda mengenai pengertian dan penggunaan jack screw flange.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Pelajari definisi, fungsi, dan material terbaik yang digunakan dalam equal tee untuk sistem pipa. Temukan cara mengoptimalkan penggunaan equal tee dalam instalasi pipa Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Memahami End Cap Fitting: Jenis, Material, dan Harga Saat Ini

Pada sistem perpipaan pasti Anda akan membutuhkan end cap fitting untuk menutup aliran yang tidak digunakan. Apa itu end cap fitting? Mari mengenal lebih jauh serta kisaran harga saat ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Temukan pengertian lengkap tentang ring joint gasket dan beragam material pilihan yang dapat digunakan. Pelajari bagaimana aplikasi gasket ini memberikan performa penyegelan yang handal dalam berbagai industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.