+6221 - 21192698/99 ext 211

081218871252

salesonline@alvindocs.com

Ruko Garden Shopping Arcade Blok B09CP

Pahami Perbedaan pada Nozzle dan Flange

27 Juli 2021

Jika Anda baru di dunia piping atau bidang industri perpipaan pasti pernah berpikir atau terbesit, apa perbedaan antara nozzle dengan flange? Karena banyak orang baru yang berpikiran seperti anda juga. Bingung membedakan antara nozzle dengan flange.

Apakah nozzle itu?

Nozzle merupakan suatu saluran dari sebuah vessel yang menghubungkan dengan pipa, fitting atau komponen lainnya. Jadi vessel berfungsi sebagai ruang penyimpanan, baik yang bertekanan atau tidak, disinilah nozzle berfungsi sebagai ruang keluaran. Karena bagaimana bisa memasukan fluida ke dalam vessel, tanpa adanya saluran keluaran atau penghubung seperti nozzle ini.

Lalu apa itu flange?

Flange merupakan penyambung antar komponen pada sistem pemipaan. Fungsi flange, supaya komponen tersebut lebih mudah di maintenance tanpa mengurangi fungsi untuk mengalirkan fluida pada pressure yang tinggi. Kami pernah membahasnya lebih detail dalam jenis-jenis flange atau tipe flange berdasarkan facenya.

Lalu apa perbedaan antara nozzle dengan flange?

Jika dilihat bentuknya antara nozzle dan flange memang sama, hanya saja nozzle menempel pada vessel. Padahal flange merupakan bagian dari nozzle, digunakan pada nozzle dengan menggunakan pipa ataupun tidak. Hal ini bisa membuat nozzle mudah untuk di bongkar pasang dengan pipa yang menyambung ke dalamnya.

Untuk leher nozzle, terkadang menggunakan pipa ataupun lempengan plat. Nozzle sendiri punya projection (panjang nozzle dihitung dari CL vessel) tertentu, padahal tinggi flange itu terbatas. Maka flange tersebut harus disambungkan dengan sebuah pipa. Ukuran pipa yang disambungkan dengan flange ini diameternya kurang dari 14”.

Sedangkan nozzle yang ukurannya lebih dari itu, flange akan disambungkan dengan plat yang di rol dan bukan menggunakan pipa. Contohnya pada manhole, lubang vessel difungsikan untuk keluar masuk orang dalam rangkaian maintenance atau pemasangan internal.

Apakah ada flange yang menjadi nozzle?

Sering kali flange tidak disambungkan dengan pipa pada vessel. Flange yang langsung menjadi nozzle ini, jenis flange yang memang tak butuh pipa, karena memang sudah cukup panjang untuk di tempel pada vessel. Ada 2 jenis yang biasa digunakan, adalah long welding neck (seperti pada gambar) dan satu lagi self reinforcement flange.

Kalau self reinforcement flange adalah jenis flange yang khusus didesain dan dipesan langsung. Biasanya mengajukan perhitungannya ke vendor lalu akan diproses terlebih dahulu sebelum dilakukan pengiriman. Kami akan bahas self reinfocement flange dalam jenis flange spesial dalam sistem pemipaan. Kami harap Anda sudah lebih paham perbedaan antara nozzle dengan flange.

Berita Terkait

Teknik Dasar Membaca Gambar Bentuk Tabung
Teknik Membaca Gambar Fabrikasi Item Bentuk Tabung Jika Anda melihat gambar di atas, itu adalah ducting dalam gambar 3D. Lalu bagaimana cara membaca gambar fabrikasi di atas guna membuat item s ...
26 Oktober 2021
Alat-alat Kerja Fitter Fabrikasi
Saat proses fabrikasi petugas fitter (tukang setel) harus tahu betul alat-alat apa yang harus dipersiapkan dan digunakan untuk membuat suatu produk komponen pipa sesuai yang dimau oleh engineering ...
21 Oktober 2021