+6221 - 21192698/99 ext 211

081218871252

salesonline@alvindocs.com

Ruko Garden Shopping Arcade Blok B09CP

Ketahui Ilmunya Sebelum Berkarir di Industri Minyak dan Gas

27 Oktober 2020

Membahas soal perusahaan minyak dan gas tentu saja akan menjadi daya tarik untuk bisa kerja di dalamnya. Alasan yang umum karena memang sebagai sumber ilmu atau karena besar gajinya. Dilihat dari segi ilmu, kamu akan banyak sekali belajar tentang energi, belajar tentang equipment dan apapun yang saat kuliah sekedar teori saja, tapi di oil and gas company langsung dilakukan praktek.

Sedangkan dari sisi gaji, menurut kebanyakan orang yang sudah bekerja di dalamnya memang cukup menggiurkan. Mengenai hal ini sudah pernah kami bahas besaran gaji yang didapat jika kamu bekerja di perusahaan minyak dan gas, silahkan baca Pekerjaan Jurusan Teknik Perminyakan dengan Gaji Tinggi. Selain itu juga kami pernah membahas 7 Kampus Jurusan Teknik Perminyakan Terbaik Dunia. Jika sudah bisa kita lanjutkan pembahasan ini ya.

Bekerja pada lingkungan minyak dan gas, jika kamu suka tantangan yang berbeda-beda, bisa dibilang akan menyenangkan. Kamu akan belajar banyak hal baru, belajar kemampuan engineering atau keteknikan. Disini kamu juga bakal bertemu dengan orang-orang hebat, dan jika kamu beruntung, kamu akan jalan-jalan ke luar negeri gratis. Baik itu untuk training atau untuk pertemuan khusus.

Bidang minyak dan gas, kebanyakan orang akan tertuju pada nama-nama besar perusahaan seperti Pertamina, Chevron, Exxon, Petronas atau Total. Memang benar, perusahaan tersebut adalah pemilik atau owner dan langsung terjun langsung pada bidang minyak dan gas. Tapi sebetulnya ruang lingkup minyak dan gas tak hanya perusahaan pemilik saja.

Perlu kamu tahu, ada 3 perusahaan pendukung dalam sektor minyak dan gas. 
1. Pertama tentu owner company
2. Service company 
3. Perusahaan EPC

Gambarannya seperti ini, perusahaan pemilik / owner yang punya lahan dan mengelola produksi minyak atau gas di dalamnya. Mereka nantinya yang akan melakukan unit produksi, semua pengolahan dan penjualan minyak tersebut, menjadi milik perusahan owner.

Baca juga : Inilah 5 Perusahaan Perminyakan Terbesar di Dunia

Kemudian untuk yang kedua yaitu perusahaan service, mereka berurusan dengan pengeboran minyak atau gas. Mereka punya teknologi untuk menemukan letak sumur yang tepat, dengan cara mencari titik yang baik untuk menjadi pusat sumur. Titik tersebut selanjutnya di drill dengan teknologi yang dimiliki oleh perusahaan service hingga menghasilkan minyak. Perusahaan service yang kami maksud seperti Halliburton, Schlumberger, Baker hughes, Elnusa dan lainnya.

Setelah lahan ada, sumur sudah ditentukan. Apa yang kurang? Jawabannya unit pengolahan atau biasa disebut dengan plant. Plant merupakan minyak yang ada di dalam bumi dan dibuatkan sumurnya, belum bisa di jual dan harus diolah lagi. Pengolahan perlu melalui satu proses ke proses berikutnya agar menjadi minyak yang siap di jual. Untuk unit pengolahan ini, ditangani oleh perusahaan EPC.

Perusahaan EPC (Engineering Procurement and Construction) merupakan perusahaan yang menjadi penghubung keinginan perusahaan owner menjadi nyata. Perusahaan EPC bertugas merencanakan, mengonsep sampai mendirikan pabrik pengolahan. Setelah pabrik atau plant itu berdiri, maka plant tersebut akan diserahkan ke owner untuk menjalankan sesuai kapasitas produksi yang diminta.

Jadi, membahas soal ilmu, perusahaan EPC lah yang sebenarnya paling lengkap dari 2 perusahaan lainnya. Karena di EPC kamu akan bertangung jawab dalam hal desain dari plant yang dibangun, termasuk didalamnya membeli segala material atau komponen pipa seperti valve, flange dan fitting pipa sampai bisa beroperasi. 

Jadi semuanya perlu proses perencanaan dan perhitungan yang harus matang. Proses-proses inilah yang nantinya akan banyak menguras otak dan energi, tapi dari itu semua kamu akan belajar banyak hal. Perusahaan EPC sebenarnya ada sangat banyak, kami ambil contoh saja seperti Daewoo, KBR, Tripatra, Saipem, RPE, IKPT atau bahkan Mcdermott.

Nah, itulah 3 pilar yang menjadi pendukung dari sebuah sektor minyak dan gas. Jadi tak hanya perusahaan owner saja yang punya peran, tapi masih banya perusahaan lain yang ada di dalamnya. Dan masih ditambah vendor selaku distributor atau penyuplai bahan atau equipment di dalamnya seperti kami PT Alvindo Catur Sentosa sebagai distributor besar valve pipa, flange pipa dan fitting pipa. Jadi sekarang pilihannya ada di kamu, mau dimana kamu akan berkarir di sektor minyak dan gas?

Berita Terkait

Harga Minyak Dunia Terus Mengalami Kenaikan Berkat Vaksin Covid-19
Harga minyak dunia sedang mengalami tren kenaikan pada minggu ini. Hal ini karena para produsen memulihnya permintaan minyak mentah berkat uji coba vaksin virus corona yang sudah berhasil, walaupun di ...
23 November 2020
Kapan Indonesia Bisa Stop Impor BBM?
Kementerian ESDM memprediksi jumlah produksi dan permintaan BBM baru dapat balance pada tahun 2026 dalam paparan Prognosa Supply Demand BBM 2020-2030. Untuk saat ini memang sebagian permintaan dis ...
17 November 2020