+6221 - 2933 9521/22

082111422613 / 081380534301

salesonline@alvindocs.com

APL Tower - Central Park Lantai 17

Jenis-Jenis Diaghpragm Valve dan Penjelasannya

19 Mei 2020

Sebenarnya Diaghpragm Valve memiliki peranan yang sama seperti jenis-jenis valve lainnya. Fungsinya tentu untuk mengatur aliran fluida atau gas pada sistem perpipaan suatu industri. Akan tetapi jenis valve diaghpragm ini punya kelebihan, diantaranya punya aliran yang tenang sehingga fluida akan mengalir tanpa hambatan.

Penjelasan Apa Itu Diaghpragm Valve

Diaghpragm valve ini sangat bagus untuk flow control dan penutupan aliran yang rapat meskipun di dalam pipeline terkandung suspended solid. Diaphragm valve cocok diaplikasikan untuk fluida yang korosif, fibrous materials, viscous material, sludges, solids in suspension, gas dan udara bertekanan.

Aktuator untuk Diaghpragm Valve

Diaghpragm valve bisa dikendalikan oleh berbagai jenis actuator seperti manual, pneumatik, hidrolik, listrik dll.
Biasanya jenis actuator pneumatik yang paling banyak dipasang pada penggunaan diaghpragm valve karena dapat lebih cepat dan efisien dibandingkan jenis hidrolik maupun listrik.

Walaupun pengoperasian secara manual dan hidrolik juga masih banyak dipasang terutama pada sistem proses industri yang tidak membutuhkan kecepatan untuk buka-tutup (open-close).

Jenis-Jenis Diaghpragm Valve (Katup Diafragma)

Struktur utama komponen Valve Diafragma adalah body, bonnet (tutup cerobong) dan diafragma fleksibel. Diaghpragm valve sangat mudah dikenali karena bentuknya yang cembung tepat di bawah handle. Aplikasi utama Diafragma valve melibatkan operasi tekanan rendah dan slurry.

Terdapat 2 tipe atau jenis Diaghpragm Valve ini yaitu :

1. Tipe "Straight-throught" (menembus lurus)

Tipe Straight-throught ini memiliki diameter dalam dan bentuk yang sama sebagai pipa saluran. Untuk mengoperasikan tipe valve ini, memerlukan usapan panjang diperlukan.

2. Tipe "Weir" (bendungan)

Valve tipe Weir atau bendungan sangat baik untuk throttling dan penutupan rapat. Untuk mengoperasikan tipe valve ini, hanya memerlukan usapan yang pendek.

Perlu Anda tahu, stem didalam Diafragma valve tidak berputar (berotasi). Diafragma bergerak ke atas - ke bawah dengan bantuan piston compression yang dalam perputaran lain digerakkan oleh lengan pengungkit atau pengoperasian stem. 

Pada umumnya Valve ini tidak ada pembungkus atau penyelubung sehingga maintenance-nya sedikit lebih mudah. Tapi walau begitu untuk bahan-bahan kimia berbahaya, bonnet disegel dengan teflon atau pembungkus lainnya.

Baca juga : Jenis-Jenis Globe Valve dan Cara Kerjanya - Apa itu Gate Valve? Bagaimana Cara Kerjanya?

Diafragma valve diproduksi dari bahan seperti besi tuang, besi lunak, baja lunak, stainless steel, dan campuran bahan tahan korosi.

Keuntungan Diaghpragm Valve (Katup Diafragma) :

1) Tahan terhadap bahan kimia karena tersedia berbagai lapisan
2) Dapat digunakan sebagai on-off dan throttling katup layanan
3) Valve ini cocok untuk bahan kimia berbahaya dan cairan radioaktif
4) Menyediakan layanan gelembung - ketat
5) Tidak punya kantong perangkap endapan jadi cocok untuk lumpur dan cairan kental
6) Kebocoran batang dapat dihilangkan
7) Valve ini tidak memungkinkan kontaminasi media aliran, sehingga digunakan secara ekstensif dalam pengolahan makanan, farmasi, pembuatan bir dan aplikasi lain yang tidak bisa mentolerir kontaminasi 

Kekurangan Diaghpragm Valve (Katup Diafragma)

1) Weir (bendung) bisa mencegah drainase penuh pada pipa
2) Diafragma valve bisa membatasi tekanan hidrostatik
3) Valve tersedia dalam ukuran yang terbatas, biasanya NPS 1/2 sampai 12 (DN 15 sampai 300)
4) Valve kemungkinan bisa mengalami erosi bila digunakan secara ekstensif dalam layanan throttling yang mengandung banyak kotoran
5) Temperatur kerja dan tekanan dibatasi oleh bahan diafragma. Umumnya tekanan dibatasi sampai 200 psi (1380 kPa) dan suhu sampai 400 F (204 C)

Aplikasi Khas Katup Diafragma

1) Air bersih atau kotor dan aplikasi layanan udara
2) Sistem air de-mineralisasi
3) Aplikasi korosif
4) Sistem limbah radioaktif di fasilitas nuklir
5) Layanan Vacuum
6) Pengolahan makanan, farmasi dan sistem pembuatan bir

Demikian penjelasan mengenai Apa itu Diaghpragm Valve. Jika pembahasan kali ini bermanfaat silahkan bisa Anda share via tombol sosial media dibawah. Baca juga pembahasan menarik lainnya di website ini ya.

Berita Terkait

Pengertian dan Rangkaian Pekerjaan Fabrikasi
Fabrikasi merupakan suatu susunan pekerjaan dari seluruh komponen material baik itu plat, pipa ataupun baja yang dirangkai dan dibentuk step by step sampai menjadi suatu bentuk yang bisa dipasang menj ...
26 Mei 2020
Hentikan Perang Harga, Arab Saudi Pangkas Produksi Minyak
Arab Saudi mengumumkan langkah mengejutkan dengan memangkas produksi minyak ke level terendah dalam 18 tahun dalam upaya untuk membangkitkan ekonominya akibat krisis energi yang telah menghancurka ...
12 Mei 2020