+6221 - 21192698/99 ext 211

081218871252

salesonline@alvindocs.com

Ruko Garden Shopping Arcade Blok B09CP

Jenis-Jenis Butterfly Valve dan Fungsinya

16 September 2021

Jika sebelumnya kita sudah pernah bahas mengenai Jenis-Jenis Valve dan Fungsinya, maka pada pembahasan kali ini kita akan fokus pada salah satu valve yang sudah sangat familiar di para pekerja proyek sistem pipa, yaitu Butterfly Valve.

Apa itu Butterfly Valve?

Butterfly Valve adalah salah satu jenis valve yang multi guna, karena butterfly ini bisa diaplikasikan pada sistem pemipaan dimanapun, di industri, pembangunan kapal, platform, di perumahan dan lain-lain. Butterfly valve ini juga biasa disebut sebagai Quarter Turn Valve.

nama bagian dari butterfly valve

Anda perlu tahu, Butterfly Valve ini dapat di instalasi pada berbagai media yang melaluinya seperti cairan, gas, lumpur dengan berbagai tingkat tekanan dan suhu. Awalnya butterfly valve banyak digunakan pada instalasi yang bertekanan rendah, tapi dengan perkembangan teknologi, sekarang valve ini dapat diaplikasikan pada instalasi dengan tekanan tinggi.

Pada butterfly valve untuk membuka dan menutup penuh hanya membutuhkan putaran 90 derajat atau seperempat putaran tuas, menjadijan valve jenis ini bisa dioperasikan dengan cepat. Tapi butterfly tidak mampu diatur untuk ukuran aliran tertentu. 

Dengan bahan penutup saluran sebuah disc presisi, Butterfly valve bisa digerakkan dengan poros aktuator yang terhubung handel luar valve. Dari aktuator yang menggerakkan atau memutar disk tersebut bisa diaplikasikan dengan sebuah tuas manual, hidrolik maupun motor listrik. 

Tentunya dengan beberapa tambahan peralatan bantu contoh kontrol valve untuk hidrolik dan gearbox yang mengurangi putaran motor untuk jenis aktuator motor listrik.

pneumatic wafer style butterfly valve

Butterfly valve dengan beberapa tambahan peralatan

Pada disk penutup atau keadaan terbuka pada posisi 0 derajat, biasanya muncul aliran aerodinamis yang diakibatkan oleh disk tersebut. Walaupun kehilangan head sedikit lebih tinggi dari jenis Ball Valve atau Gate Valve, yang keduanya bekerja secara bebas hambatan pada saat valve terbuka penuh, tapi kerugiannya lebih rendah dibanding dengan jenis Globe Valve.

Semua tipe dan jenis Butterfly valve bisa digunakan untuk berbagai jalan aliran, cairan dan gas maupun material yang cukup padat seperti lumpur, karet, bulb dll. Suhu dan tekanan material yang melalui butterfly valve jelas akan memengaruhi material bahan pembuatan valve ini, akan menjadi bahan pertimbangan penting pada saat perancangan.

TIPE – TIPE DAN JENIS BUTTERFLY VALVE

1. Concentric Butterfly Valve, punya seat kuat dengan disk dari bahan logam
2. Double eccentric Butterfly Valve, terbuat dari berbagai macam bahan untuk seat dan disknya.
3. Triple eccentric Butterfly Valve, terbuat dari baja. 

jenis jenis butterfly valve

Jenis atau tipe eccentric sering diaplikasikan pada sistem yang membutuhkan dua arah misalnya penutup minyak dan gas, LNG/NPG, pabrik kimia dan pembuatan kapal.

Wafer style Butterfly Valve, dirancang untuk mempertahankan segel terhadap perbedaan dua arah tekanan untuk mencegah aliran balik didalam sistem apapun yang sengaja dirancang untuk aliran searah.

Lug style Butterfly Valve, punya ulir di kedua sisi valve yang memungkinkan untuk dipasang dalam sistem dengan penyambungan ulir atau tidak membutuhkan mur baut pada flange.

Itulah pembahasan mengenai Jenis-Jenis Butterfly Valve yang juga produknya tersedia di Alvindo Catur Sentosa dengan berbagai ukuran dan brand yang sudah terjamin kualitasnya, semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Teknik Dasar Membaca Gambar Bentuk Tabung
Teknik Membaca Gambar Fabrikasi Item Bentuk Tabung Jika Anda melihat gambar di atas, itu adalah ducting dalam gambar 3D. Lalu bagaimana cara membaca gambar fabrikasi di atas guna membuat item s ...
26 Oktober 2021
Alat-alat Kerja Fitter Fabrikasi
Saat proses fabrikasi petugas fitter (tukang setel) harus tahu betul alat-alat apa yang harus dipersiapkan dan digunakan untuk membuat suatu produk komponen pipa sesuai yang dimau oleh engineering ...
21 Oktober 2021