2022-07-20

Jenis Beban dalam Sistem Perpipaan

Daftar isi

Tutup

Dalam sistem perpipaan, apalagi yang biasa menggunakan Caesar pastinya akan sering mendengar istilah sustain, occasional, atau expansion. Lalu yang jadi pertanyaan, apakah Anda sudah paham ketiga istilah beban tersebut? Apa yang memengaruhi ketiga beban tersebut?

Untuk mempelajari hal-hal tersebut, kami akan membahasnya mengenai istilah sustain load, occasional load dan expansion load. ketiganya termasuk jenis beban dalam sistem perpipaan, berikut uraiannya.

pipe load table Alvindo Catur Sentosa

Sustain load

Sustain kalau diterjemahkan dari bahasa inggris artinya menahan atau menopang. Sustain load sendiri merupakan jenis beban yang sifatnya continue atau berkelanjutan, artinya akan selalu ada selama proses operasi dari pipanya.

Terus apa ya beban yang selalu ada? Yang pasti beban dari pipa tersebut dan beban pressure saat beroperasinya pipa. 

Baca Juga : Pahami Cara Baca Kode Standar ASME

2 Faktor dari sustain load :


1. Design Pressure > P (pada Caesar) 

Tekanan Desain yaitu tekanan maksimum yang bisa terjadi pada saat operasi.

2. Operating Weight > WW (pada Caesar)

Berat operasi merupakan berat dari pipa, berat dari fluida, ditambah dengan berat insulasi dan komponen yang berada pada sistem tersebut.

sustain load pipe table

Baca Juga : Jenis Pipa dan Fungsinya

Occasional load

Occasional, sesuai dengan namanya punya arti jarang atau kadang-kadang. Istilah beban occasional bisa diartikan beban yang jarang terjadi, namun tetap diperhitungkan dalam sistem perpipaan jika memang beban tersebut terjadi.

Occasional load ini contohnya yaitu pada angin, salju (snow), gempa, badai atau fenomena alam lainnya. Pada intinya adalah beban yang dikelompokkan sebagai occasional load itu hanya sekitar 1-10% dari total operasi sistem.

Perbedaan dengan sustain load adalah beban tumpuan pada occasional load tidak sama dengan pada beban sustain. Pada beban sustain dianggap sebagai homogen atau ditopang oleh seluruh pipa karena terdistribusi merata pada pipa, tapi tidak untuk occasional. 

Baca Juga : Pengertian dan Rangkaian Pekerjaan Pipe Fitter

Misalnya, saat terjadi turun salju, dia akan turun dimanapun, hal tersebut yang membuat Anda harus memerhatikan juga beban occasional. Jadi sistem pipa harus didesain dengan memperhatikan beban agar mampu menahan beban occasional dengan sustain.

occasional load pipe table

Expansion load

Expansion merupakan beban pertambahan panjang. Artinya setiap beban yang dipengaruhi oleh pertambahan panjang dari pipa, maka dikategorikan dalam expansion load.

Expansion load bisa diartikan sebagai beban yang diakibatkan karena tertahannya expansion atau contraction suatu pipa, yang umumnya karena mengalami pengkerutan atau pemuaian efek dari temperatur fluida yang mengalir didalamnya.

expansion load pipe table

Baca Juga : Tipe Valve pipa dan fungsinya

Jika ada pipa terkena panas yang cukup tinggi, maka pipa akan memuai. Sedangkan jika pemuaiannya tersebut tertahan, maka akan berakibat tegangan yang sangat tinggi. Maka dari itu Anda harus membiarkan pipa meregang tanpa menimbulkan tegangan yang berlebih. Untuk mengendalikan perubahan panjang pipa tersebut, maka gunakan teknik expansion loop. 

Itulah penjelasan kami mengenai jenis beban dalam sistem perpipaan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu dalam ilmu pengetahuan Kamu sekalian.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Pelajari definisi, fungsi, dan material terbaik yang digunakan dalam equal tee untuk sistem pipa. Temukan cara mengoptimalkan penggunaan equal tee dalam instalasi pipa Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Memahami End Cap Fitting: Jenis, Material, dan Harga Saat Ini

Pada sistem perpipaan pasti Anda akan membutuhkan end cap fitting untuk menutup aliran yang tidak digunakan. Apa itu end cap fitting? Mari mengenal lebih jauh serta kisaran harga saat ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Temukan pengertian lengkap tentang ring joint gasket dan beragam material pilihan yang dapat digunakan. Pelajari bagaimana aplikasi gasket ini memberikan performa penyegelan yang handal dalam berbagai industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.