2022-12-30

Alasan Harga Pipa China Lebih Murah dari Pipa Lokal

Daftar isi

Tutup

alasan harga pipa china lebih murah dari pipa indonesia

Alasan Harga Pipa Cina Lebih Murah dari Pipa Dalam Negeri

Pipa menjadi salah satu kebutuhan untuk minyak dan gas bumi, tapi ternyata pipa buatan dalam negeri sekarang ini masih kalah bersaing dengan datangnya pipa dari China yang harganya lebih murah. 

Pemerintah sendiri sebenarnya sudah mewajibkan kepada semua kementerian atau lembaga, badan usaha milik negara (BUMN), badan usaha milik daerah (BUMD) dan swasta untuk menggunakan pipa produksi dalam negeri.

Tapi faktanya memang pipa asal China harganya lebih murah dan tentu menjadi daya saing pipa buatan Indonesia menjadi melemah. Padahal, pemerintah sudah menetapkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang dipakai sebesar 25%.

Baca juga : Jasa Machining Fabrikasi Komponen Pipa di Alvindo Catur Sentosa

Mengapa Industri Dalam Negeri Kalah dengan Cina

Industri dalam negeri memang diwajibkan harus menggunakan produk dalam negeri. Sampai ada isu pejabat Pertamina diganti oleh presiden karena tidak berkenan dan masih ada yang belum bisa memaksimalkan pemakaian produk dalam negeri.

Produk pipa asal China bisa menjadi harga yang lebih murah saat masuk Indonesia karena mereka memberikan kredit ekspor yang juga sangat murah. Aturan pajak mereka yang ketat untuk hilirisasi produk menjadikan produk China harganya dapat lebih murah. 

Baca Juga : Jenis-Jenis Pipa dan Fungsinya

Karena menurut pengamat pajak untuk industri di Indonesia masih belum ramah, hal ini karena terlalu banyak pungutan pajak untuk para pelaku industri yang berakibat depresiasi dan investasi lama untuk balik modal lagi.

Pipa memang menjadi bahan baku untuk Krakatau Steel itu tak jauh berbeda harganya, begitu las jadi pipa sudah tambah 20-25% ongkos pipa dalam negeri menjadi lebih mahal harganya. Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta semua pihak untuk optimalisasi TKDN pada produk-produk yang dipasarkan di dalam negeri. 

Baca jugaPahami Perbedaan buttweld dan Forged Fitting

Menurutnya, peningkatan penggunaan produk di tanah air harus bisa memberikan manfaat bagi semua pihak, utamanya usaha kecil menengah dan konsumen rumah tangga, tak hanya sekadar menambah impor. Presiden mengatakan “Perdagangan dalam negeri harus juga meningkatkan TKDN. Ini yang selalu saya katakan berulang kali bahwa komponen dalam negeri, komponen dalam negeri, komponen dalam negeri. Produk dalam negeri, produk dalam negeri, produk dalam negeri”. Demikian mengenai informasi produk pipa China harganya yang lebih murah dari produk pipa lokal. Untuk inquiry komponen pipa bisa hubungi WA dan call center Alvindo Catur Sentosa ya.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Pelajari definisi, fungsi, dan material terbaik yang digunakan dalam equal tee untuk sistem pipa. Temukan cara mengoptimalkan penggunaan equal tee dalam instalasi pipa Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Memahami End Cap Fitting: Jenis, Material, dan Harga Saat Ini

Pada sistem perpipaan pasti Anda akan membutuhkan end cap fitting untuk menutup aliran yang tidak digunakan. Apa itu end cap fitting? Mari mengenal lebih jauh serta kisaran harga saat ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Temukan pengertian lengkap tentang ring joint gasket dan beragam material pilihan yang dapat digunakan. Pelajari bagaimana aplikasi gasket ini memberikan performa penyegelan yang handal dalam berbagai industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.