+6221 - 21192698/99 ext 211

081218871252

salesonline@alvindocs.com

Ruko Garden Shopping Arcade Blok B09CP

Inilah Alasan Harga Pipa China Lebih Murah dari Pipa Dalam Negeri

23 Maret 2021

alasan harga pipa china lebih murah dari pipa indonesia

Pipa menjadi salah satu kebutuhan untuk minyak dan gas bumi, tapi ternyata pipa buatan dalam negeri sekarang ini masih kalah bersaing dengan datangnya pipa dari China yang harganya lebih murah. 

Pemerintah sendiri sebenarnya sudah mewajibkan kepada semua kementerian atau lembaga, badan usaha milik negara (BUMN), badan usaha milik daerah (BUMD) dan swasta untuk menggunakan pipa produksi dalam negeri.

Tapi faktanya memang pipa asal China harganya lebih murah dan tentu menjadi daya saing pipa buatan Indonesia menjadi melemah. Padahal, pemerintah sudah menetapkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang dipakai sebesar 25%.

Baca juga : Jasa Machining Fabrikasi Komponen Pipa di Alvindo Catur Sentosa

Industri dalam negeri memang diwajibkan harus menggunakan produk dalam negeri. Sampai ada isu pejabat Pertamina diganti oleh presiden karena tidak berkenan dan masih ada yang belum bisa memaksimalkan pemakaian produk dalam negeri.

Produk pipa asal China bisa menjadi harga yang lebih murah saat masuk Indonesia karena mereka memberikan kredit ekspor yang juga sangat murah. Aturan pajak mereka yang ketat untuk hilirisasi produk menjadikan produk China harganya dapat lebih murah. 

Karena menurut pengamat, pajak untuk industri di Indonesia masih belum ramah, hal ini karena terlalu banyak pungutan pajak untuk para pelaku industri yang berakibat depresiasi dan investasi lama untuk balik modal lagi.

Pipa memang menjadi bahan baku untuk Krakatau Steel itu tak jauh berbeda harganya, begitu las jadi pipa sudah tambah 20-25% ongkos pipa dalam negeri menjadi lebih mahal harganya. Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta semua pihak untuk optimalisasi TKDN pada produk-produk yang dipasarkan di dalam negeri. 

Baca juga : Inilah Perbedaan Pipa Welded dengan Pipa Seamless

Menurutnya, peningkatan penggunaan produk di tanah air harus bisa memberikan manfaat bagi semua pihak, utamanya usaha kecil menengah dan konsumen rumah tangga, tak hanya sekadar menambah impor. Presiden mengatakan “Perdagangan dalam negeri harus juga meningkatkan TKDN. Ini yang selalu saya katakan berulang kali bahwa komponen dalam negeri, komponen dalam negeri, komponen dalam negeri. Produk dalam negeri, produk dalam negeri, produk dalam negeri”.

Demikian mengenai informasi produk pipa China harganya yang lebih murah dari produk pipa lokal. Untuk inquiry komponen pipa bisa hubungi WA dan call center Alvindo Catur Sentosa ya.

Berita Terkait

Jenis-Jenis Valve Pipa dan Fungsinya
Valve merupakan alat yang berfungsi untuk mengatur debit atau volume air, valve tidak hanya di gunakan untuk mengatur volume air saja. Lebih luas alat ini di gunakan untuk mengatur tekanan gas dan lai ...
11 Mei 2021
Pahami Bagaimana Cara Kerja Control Valve
Control valve adalah valve yang otomatis dapat mengatur aliran dalam sebuah sistem perpipaan secara presisi.  Apa saja Fungsi Control Valve? Pada control valve umumnya menggunakan jenis glo ...
10 Mei 2021