+6221 - 21192698/99 ext 211

081218871252

salesonline@alvindocs.com

Ruko Garden Shopping Arcade Blok B09CP

Fungsi Personal Protection Insulation pada Sistem Pipa

20 Oktober 2020

Apa itu PPI? Personal protection insulation ialah insulasi yang diaplikasikan untuk menyelamatkan operator / petugas dari bahaya termal pipa. Pada sebuah desain pipa, masalah personal protection merupakan salah satu parameter utama yang harus diprioritaskan saat mendesain insulasi. PPI ini akan menjadi jaminan pekerja atau kontraktor agar tangan atau kulit selamat dari pembakaran atau pembekuan dari permukaan instalasi pipa.

Personal insulasi ini diaplikasi pada insulasi pipa yang melebihi suhu 50°C dan kurang dari 0°C. Tempat pemasangan PPI biasanya terletak pada kemungkinan kontak dengan operator, walaupun di pipa tersebut tidak membutuhkan insulasi. Maka personal insulation untuk keselamatan operator sangat penting.

Baca juga : Perhatikan 6 Aspek ini dalam Mendesain Sistem Pipa

Berapa temperatur yang ideal untuk pemasangan personal protection?

Maksimal temperatur permukaan pipa yang akan dipasang personal protection insulation bekisar antara 45-60°C tergantung juga dari area sekitarnya. Biasanya permukaan yang akan kontak dengan manusia tak boleh berbeda dari suhu ambient atau sekitar 25°C serta tidak boleh melebihi suhu 60°C. Secara khusus, untuk personal protection akan mengacu pada project specification dari masing-masing project yang mungkin tak akan sama dengan project lainnya.

Insulasi pipa ada karena untuk kepentingan menghindari perpindahan panas, baik itu penambahan panas (heat gain) ataupun kehilangan panas (heat lost) yang biasa terjadi pada pipa cryogenic. Tujuan utamanya yaitu menjaga temperatur fluida yang mengalir didalam pipa, baik untuk kondisi dingin (cold insulation) atau kondisi panas (hot insulation).

Maka untuk personal protection ini sangat berbeda dengan insulasi thermal pada pipa. Karena sesuai dengan namanya maka yang diprioritaskan bukan perpindahan panas/dingin fluida dalam pipa, melainkan operator atau orang yang bertugas. Jadi jangan sampai operator menyentuh pipa yang sedang beroperasi karena terlalu panas atau dingin yang bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit manusia.

Baca juga : Cara Cek Keaslian Produk Komponen Pipa

Perbedaan Personal protection insulation dengan insulasi lainnya

Pada saat di aplikasikan PPI / personal protective insulation berbeda dengan insulasi lainnya. Artinya, tak semua sistem pipa itu dipasang insulasi, hanya sistem perpipan yang ada kemungkinan akan di lewati operator, disanalah yang akan dipasang insulasi, selain itu tidak dipasang. Jadi pemasangan personal protection insulation ini dibatasi oleh tempat dan kebutuhan khusus (specific requirement) saja.

Ambil contoh misalnya, pada salah satu project specification disebutkan.

Piping and equipment operating with fluid temperature in excess of 54°C or below 10°C shall be insulated as burn or freeze protection for personnel to a height of 2.1m above grade and platforms and 0.6m outside the platforms, walkways, etc. with with the exception that lines operating above 200°C shall be fully insulated.

Maksud dari keterangan diatas adalah untuk pipa yang berada pada ketinggian 2.1 meter, harus dipasang personal protection insulation. Lebih dari range tersebut, sebenarnya tidak wajib pasang personal protection, karena selain pemborosan material nantinya tak akan ada orang yang akan menyentuhnya.

Pada standar internasional yang bahas lebih lanjut mengenai personal protection insulation ialah ASTM C 1055. ASTM sendiri kepanjangan dari American Society for Testing and Materials, sebuah organisasi internasioal yang mengembangkan tentang standard perpipaan. Dalam ASTM C 1055 sudah dibahas mengenai cara untuk menentukan kondisi yang dapat diterima pada sistem yang menggunakan panas.

Pembahasan yang lain adalah mengenai metode untuk mendesain sistem yang menggunakan panas untuk menghindari cedera serius pada operator yang terkena kontak langsung pada permukaannya.

Keterangan pada gambar tersebut merupakan jenis kerusakan pada kulit yang diakibatkan oleh suhu yang berbeda jika operator menyentuh pipa atau permukaan yang terkena panas.

Bahan yang biasanya digunakan untuk personal protection insulation adalah calcium silica. Sejenis bahan insulasi yang punya karakteristik ringan, konduktifitas termal rendah dan dapat untuk menahan termperatur tinggi. Biasanya dijual dalam 3 bentuk seperti balok, pipa atau berbentuk lembaran. Calcium silica sendiri memang dikenal mampu menahan panas berkisar -18°C sampai 650°C. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk Anda.

Baca juga : Jenis-Jenis Flange Pipa Spesial dalam Sistem Perpipaan

Berita Terkait

Harga Minyak Dunia Terus Mengalami Kenaikan Berkat Vaksin Covid-19
Harga minyak dunia sedang mengalami tren kenaikan pada minggu ini. Hal ini karena para produsen memulihnya permintaan minyak mentah berkat uji coba vaksin virus corona yang sudah berhasil, walaupun di ...
23 November 2020
Kapan Indonesia Bisa Stop Impor BBM?
Kementerian ESDM memprediksi jumlah produksi dan permintaan BBM baru dapat balance pada tahun 2026 dalam paparan Prognosa Supply Demand BBM 2020-2030. Untuk saat ini memang sebagian permintaan dis ...
17 November 2020