2022-12-15

Daftar Perusahaan Migas yang Rugi Seperti Pertamina

Daftar isi

Tutup

Pabrik pertamina dan piping sistem

Kerugian Besar, Kok Bisa?

PT Pertamina (Persero) melaporkan mengalami rugi bersih sebesar 767,92 juta dollar Amerika Serikat (AS) setara dengan Rp 11,13 triliun (rate Rp 14.500/Dollar AS) pada semester I 2020. 

Menurunnya prestasi keuangan Pertamina sudah pasti diakibatkan karena terpukulnya sektor industri minyak dan gas (migas) oleh pandemi Covid-19. Hal tersebut tergambar dengan ikut anjloknya laporan keuangan perusahaan migas di berbagai negara. 

Exxon Mobil misalnya, dalam laporan yang dikeluarkan pada tanggal 31 Juli 2020 mengalami kerugian sebesar 1,1 miliar dollar AS selama semester I 2020 karena stok berlebih minyak dunia berbanding dengan melemahnya permintaan karena pandemi Covid-19.

Kerugian akibat pandemi Covid-19 juga dialami perusahaan minyak asal Inggis yaitu BP (British Petroleum). Sepanjang semester I 2020, BP melaporkan kerugian sebesar 6,7 miliar dollar AS berbanding terbalik dengan periode tahun lalu dimana BP mendapat keuntungan sebesar 2,8 miliar dollar AS.

Kerugian BP disebabkan oleh lemahnya harga minyak dan gas dunia, margin yang rendah dari produk kilang, pemangkasan produksi minyak dan gas, serta rendahnya permintaan untuk bahan bakar dan juga pelumas.

Selain itu, kerugian juga sama dialami oleh Chevron, perusahaan yang berasal di Amerika Serikat ini dalam laporan terbaru keuangan semester I 2020 mengalami kerugian sebesar 8,3 miliar dollar AS. Capaian tersebut sangat berbeda dengan semester I 2019. 

Satu tahun lalu Chevron mendapatkan keuntungan sebesar 4,3 miliar dollar AS. Dalam laporan keuangan ini, CEO Chevron Michel K Wirth menjelaskan bahwa melemahnya ekonomi karena pandemi Covid-19 ini sangat berdampak pada melemahnya harga produk dan juga melemahnya permintaan.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Mengapa Pipe Insulation Penting untuk Efisiensi Energi dalam Sistem Perpipaan?

Pipe insulation atau insulasi pipa memiliki peran yang signifikan dalam menjaga efisiensi energi, mencegah kerusakan pipa akibat perubahan suhu yang drastis, dan meningkatkan keberlangsungan operasional sistem.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Memahami Keunggulan Material Cast Iron untuk Infrastruktur Perpipaan

Setiap jenis cast iron memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri, dan pemilihan yang tepat tergantung pada kebutuhan aplikasi yang spesifik. Dengan memahami karakteristik masing-masing jenis cast iron, petugas maupun pemilik dapat membuat pilihan yang cerdas dalam merancang dan memilih material untuk aplikasi mereka.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Penerapan Alloy Steel dalam Sistem Perpipaan untuk Meningkatkan Ketahanan Korosi

Alloy steel telah diterapkan untuk komponen-komponen utama perpipaan; pipa, valve, fitting pipa, flange, hingga baut dan memainkan peran penting dalam berbagai industri dengan memberikan kombinasi yang unik di masing-masing elemen paduannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Process Engineer: Kunci Sukses dalam Perancangan dan Pengembangan Industri-Industri Besar

Process engineer memegang peranan kunci dalam mengoptimalkan proses produksi dalam berbagai industri. Dari perencanaan hingga implementasi, mereka bertanggung jawab untuk memastikan proses berjalan lancar dan efisien, menghasilkan produk akhir yang berkualitas. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Klasifikasi Peran dan Tanggung Jawab Profesi Piping Engineer

Seorang Piping Engineer harus memiliki pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip desain dan analisis struktural pipa, pemilihan material, standar teknis industri, serta peraturan dan kode keselamatan yang berlaku.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Heat Number: Identifikasi dan Pelacakan Material dalam Konstruksi Sistem Perpipaan

Dengan heat number, penerima komponen logam dapat memeriksa catatan pengujian kualitas, dan memverifikasi bahwa bahan tersebut memenuhi spesifikasi yang diperlukan.