+6221 - 21192698/99 ext 211

081218871252

salesonline@alvindocs.com

Ruko Garden Shopping Arcade Blok B09CP

Mengenal Apa Itu Male Female Flange & Tongue Groove Flange

03 Maret 2020

Ada beberapa teman pembaca yang bertanya mengenai jenis-jenis flange male dan female flange, maka untuk menjawabnya sedikit pembahasan artikel dibawah ini akan kami coba bahas mengenai apa itu male flange dan pasangannya, female flange.

Perlu Anda tahu male and female flange merupakan jenis flange yang satu pasang. Artinya, jenis flange ini tidak bisa dipasangkan dengan jenis lainnya, karena ukuran & size atau permukaannya yang tidak pas dan harus dengan pasangan itu sendiri. 

Baik male female flange atau Tongue and Groove (T&G) salah satu pasangannya ada yang punya permukaan yang menonjol dan satu pasangannya memiliki coakan (groove) yang pas dengan pasangannya.

Tongue and Groove Flange

Untuk tipe Tongue and groove flange biasanya dapat ditemukan di pompa dan valve bonnets. yang membedakan Tongue-and-groove flange dari male atau female flange adalah coakan tidak sampai ke dalam lubang flange, jadi hanya coakan kecil. Dengan ini maka posisi gasket akan terlindung dari dalam dan luar (bisa dilihat gambar dibawah).

Perbedaan bisa dilihat ya, untuk tongue coakanya hanya kecil dan dihimpit lagi dengan pasangannya. Untuk yang groove flange mirip dengan tipe flange RTJ. Sedangkan untuk yang male female flange, maka coakannya tidak kecil, melainkan menyeluruh. Untuk tipe flange male-nya, mirip dengan raised flange.

Tipe Tongue and Groove punya keuntungan sendiri karena desainnya yang merupakan tipe yang mudah untuk diluruskan, disamping itu dengan adanya coakan ini maka akan berfungsi sebagai tempat berkumpulnya bahan perekat.

Male Female Flange

Jenis male female flange juga harus tepat ke pasangannya. Untuk male flange memiliki area muka (atau permukaan) yang lebih menonjol, mirip dengan raiced flange. Untuk mengetahui apa itu raise flange, bisa baca artikel jenis flange berdasarkan face-nya.

Sedangkan yang female-nya punya permukaan yang menjorok ke dalam yang pas dengan male flagenya. Penggunaan umum dari male female flange ini biasanya ditemukan di shell heat excanger, untuk channel and cover flangenya. Permukaan terluar dari female flange berfungsi sebagai tempat dan penahan gasket.

Bisa diperhatikan face flange di atas, untuk tipe male flange mirip sekali dengan raised face, kalau kondisi seperti ini terjadi di lapangan bisa saja tertukar, apalagi bagi Anda orang awam yang belum punya pengalaman mengenai jenis flange ini.

Keuntungan dari male female flange yaitu kemampuan penyekatan (seal) yang baik dan biasanya akan lebih presisi. Hampir tidak ada kasus untuk kebocoran pada tipe flange ini. Tapi ada juga kelemahannya yaitu diperuntukan untuk penggunaan komersial alias harganya mahal.

Kalau penggunaannya untuk umum akan membuat orang bisa tertukar dengan jenis raised flange. Lagian tipe raised flange dipilih karena stok dipasaran yang lebih banyak dan ocok dipasangkan untuk beberapa jenis valve. Kemudian untuk jenis male female flange punya aturan yang cukup ketat dimana pipanya harus cukup kaku dalam desainnya.

Semoga ulasan singkat mengenai jenis male dan female flange diatas bisa menambah pengetahuan untuk Anda yang memang ingin mengetahui ilmu konstruksi pada sistem perpipaan.

Berita Terkait

Kini Kami Hadir di Marketplace Favorit Anda
Di tengah pandemi seperti sekarang ini yang membatasi orang beraktivitas di luar rumah, semakin banyak juga orang berbelanja kebutuhan secara online. Hal ini membuat penjualan online pun meningkat pes ...
19 Januari 2021
Cara Download Aplikasi Alvindo Catur Sentosa Mobile
Seperti yang Anda tahu, kebutuhan perusahaan industrial terutama minyak dan gas tentu sangat banyak dan meliputi berbagai hal, maka akan lebih praktis jika ada pihak yang menyuplai kebutuhan terse ...
14 Januari 2021