+6221 - 21192698/99 ext 211

081218871252

salesonline@alvindocs.com

Ruko Garden Shopping Arcade Blok B09CP

Apa itu Fitting Pipa? Ada Berapa Macam Fitting Pipa?

18 April 2019

Fitting pipa atau sambungan pipa adalah salah satu jenis komponen yang sering digunakan dalam proses instalasi yaitu pada sistem pemipaan, fitting pun memiliki perbedaan mulai dari ukurannya, bentuknya sampai karakternya. Bagian ini merupakan bagian penting dalam sistem perpipaan. Dan tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Fitting pipa biasanya terbuat dari billet / baja silinder pejal yang biasa disebut seamless (pipa tanpa sambungan) dan dari plat strip baja yang disambung / di las menjadi pipa, biasa disebut welded.

Mungkin anda yang masih awam tentang segala komponen pipa tidak ada salahnya untuk belajar mengenal tentang pipa dan macam-macam fitting. Mari kita mengenal jenis-jenis fitting itu apa saja dan fungsinya untuk sistem perpipaan dan simak ulasan berikut ini.

Apa itu fitting pipa dan macam-macam fitting

 

1. Elbow

distributor fitting elbow pipa

Elbow merupakan jenis fitting pipa yang membungkuk pada sudut atau kurva untuk membuat pipa menjadi lurus sehingga bisa mempermudah menyatu pada sudut. Sedangkan fungsi dari fitting elbow ini adalah untuk mengubah arah aliran, diameter pipa, atau membuat percabangan agar fluida (berupa gas, cairan atau plasma) mengalir lancar.

Ada beberapa jenis yang dimiliki elbow, yang tergantung pada kebutuhan konsumen mulai dari dimensi derajat maupun jenis dratnya, seperti elbow 45 derajat, elbow 90 derajat, elbow dengan drat luar atau dalam.

2. Reducer

distributor produk elbow reducer

Fitting Reducer memiliki peran yang sesuai dengan namanya, yaitu bertugas untuk me-reduce atau mengurangi aliran fluida. Jadi yang dikurangi adalah ukuran pipanya saja dan yang dimaksud bukanlah valve-nya.

Jadi reducer ini akan bertugas untuk menggabungkan dari ukuran yang diameternya yang lebih besar ke yang kecil, atau sebaliknya. Pada bagian Fitting Reducer ini, pasti akan ada dua jenis dan keduanya memiliki peran masing-masing yaitu eccentrik reducer dan concentrik reducer.

3. Tee

distributor supplier elbow tee reducer pipa

Fungsi tee adalah untuk membelokkan, komponen fitting pipa juga ada yang berguna untuk membagi aliran menjadi dua arah dan disebut sebagai tee. Sesuai dengan namanya “T” maka fitting ini berbentuk seperti huruf T yang memiliki tiga cabang yang dihasilkan berawal dari pipa lurus yang dibelokkan ke kanan dan kekiri.

Pada umumnya berbentuk T namun juga ada beberapa jenis Tee  juga yang berbentuk Y dan  disebut Y-Branch tetapi ada juga yang menyebutnya Tee. Begitu juga dengan Tee dengan ujung yang ciut / mengecil, yang biasa disebut dengan Tee with Reducer, yaitu ujung kanan-kirinya sama namun pada bagian tengahnya mengecil.

4. Cap

distributot elbow cap jakarta

Komponen fitting pipa ini punya fungsi untuk menghentikan aliran pada ujung pipa. Biasanya fitting pipa Cap ini langsung di las pada bagian pipa utama. Fitting Cap fungsinya sama dengan blind flange, penutup aliran fluida yang dapat di bongkar dan dilepas. Mengenai apa itu flange? kita sudah bahas pada artikel jenis-jenis flange.

Jadi untuk orang awam kemungkinan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempelajari dan mengingat nama dan jenis-jenis pada komponen system pemipaan. Terutama untuk mengetahui fungsi dan kegunaannya dari tiap-tiap jenisnya.

Demikianlah pembahasan tentang sambungan pipa yang harus anda ketahui. Informasi ini sangat penting untuk mengetahui hal-hal seputar fitting pipa agar bisa dijadikan referensi untuk anda dan tentunya bisa mengatasi sendiri saat terjadi masalah dengan saluran pipa. Namun, jika anda masih merasa belum bisa sebaiknya mengandalkan perbaikan pada yang ahli di bidangnya saja.

Kami sebagai Distributor supplier fitting pipa di Jakarta dengan staff ahli dan berpengalaman akan siap membantu jika anda memang memesan fitting di tempat kami Alvindo Catur Sentosa. Semoga ulasan di atas bisa membantu anda.

Berita Terkait

Fungsi Personal Protection Insulation pada Sistem Pipa
Apa itu PPI? Personal protection insulation ialah insulasi yang diaplikasikan untuk menyelamatkan operator / petugas dari bahaya termal pipa. Pada sebuah desain pipa, masalah personal protection merup ...
20 Oktober 2020
Apa itu Galvanis? Jenis-Jenis Metode pada Galvanis
Pipa seperti kita kenal adalah salah satu komponen yang sering digunakan dalam instalasi sistem perpipaan baik untuk industri pabrik, gedung atau perumahan. Bahan material pipa umumnya terbuat dari ca ...
13 Oktober 2020