+6221 - 21192698/99 ext 211

081218871252

salesonline@alvindocs.com

Ruko Garden Shopping Arcade Blok B09CP

Begini 4 Metode Proses Pembuatan Pipa Besi

22 September 2020

Pipa adalah sebuah saluran tertutup berbentuk silinder yang ditengahnya ada lubang dan biasanya dibuat dari berbagai macam bahan seperti baja, besi, stainless, plastik, ataupun material lainnya. Pipa berfungsi sebagai jalan perpindahan atau pengaliran fluida yang berbentuk cair ataupun gas. 

Penyesuaian dan lingkungan akan sangat berpengaruh dalam pembuatan pipa karena fungsinya yang berbeda-beda. Terus bagaimana ya proses pembuatan pipa dengan material yang tadi sudah disebutkan?

Pembuatan pipa besi banyak variasinya karena jelas berbeda dengan pembuatan bahan besi beton yang memang lebih simpel. Karena material yang banyak, pembuatan pipa besi juga berbeda-beda sesuai metode dan bahannya penyusunya juga. Jika biasanya memakai pipa besi dengan material besi (Fe), maka ada juga yang campuran nikel (Ni), aluminium (Al), tembaga (Cu), hingga titanium (Ti).

proses pembuatan pipa besi

Proses pembuatan pipa dibedakan dengan 4 cara berikut ini :

1. Pipa Las (Welded Pipe)
2. Pipa Tanpa Kelim dengan Proses Tempa (Wrought Seamless Pipe)
3. Pipa Tempa (Forged Pipe)
4. Pipa Cor (Cast Pipe)

Setiap pabrik atau manufaktur juga punya proes pembuatan pipa yang tidak sama satu sama lain, tapi intinya hampir mirip kok, Lalu bagaimana maksud pembuatan masing-masing metode diatas? Berikut ulasan lengkapnya

Baca juga : Jenis-Jenis Sambungan pada Pipa
    
1. Pipa Las (Welded Pipe)

Pipa welded adalah pipa yang dibuat dari bahan plat baja dengan cara menyatukan sambungan plat sehingga dapat berbentuk silinder. Proses pembuatan pipa las juga sering disebut Electric Resistance Welding (ERW) dimana proses pada saat pengelasan menghasilkan resistansi listrik material. 

Pipa welded umumnya punya sambungan berbentuk spiral atau lurus. Pipa welded spiral juga bahannya dari plat baja dan bentuknya strip dibentuk spiral dan dilas membentuk pipa. Kalau pipa welded lurus juga bahannya plat baja dengan sambungan lurus yang terletak di dalam pipa.

2. Pipa Tanpa Kelim (Seamless Pipe)

Pipa seamless ini juga terbuat dari bahan plat baja. Pipa seamless disebut juga pipa tanpa sambungan. Pipa seamless dibuat dari batangan baja pejal yang dipanaskan, kemudian dibentuk dan dilubangi hingga berbentuk silinder yang punya lubang ditengah dengan berbagai ukuran diameter. Karena tidak ada sambungan, membuat pipa seamless ini memang bisa lebih tahan terhadap tekanan karena tidak ada bagian pipa yang berubah akibat panas pengelasan.

Dalam proses pembuatan pipa seamless ini ada 4 cara yang sering digunakan antara lain :

a. Penembusan secara rotari (Hot Rotary Piercing)
b. Proses pilger-mill
c. Proses push-bench (Cupping)
d. Proses ekstruksi

Baca juga : Perbedaan Pipa dengan Tube

3. Pipa Tempa (Forged Pipe)

Pemrosesan pipa ini dengan cara tempa, sedikit mirip dengan proses pembuatan pipa seamless. Dalam prosesnya, billet yang sudah dipanaskan akan diletakan pada cetakan yang punya diameter lebih besar dari pipa yang sudah jadi. 

Kemudian palu hidrolik ditempatkan tepat ditengah bagian dalam untuk membuat rongga dalam pipa. Metode ini juga biasanya dipakai untuk membuat pipa seamless tapi ukuran diameter yang besar. Oh ya, disini baja yang ditempa biasanya lebih kuat daripada baja tuang, ini dikarenakan proses penempaan menambah daya tahan pipa.

4. Pipa Cor (Cast Pipe)

Pada proses pembuatan pipa cor ini dilakukan dengan metode menuang besi panas ke dalam cetakan. Cara ini sebagai cara tertua dari pembuatan pipa logam dan saat ini tergantikan dengan material lain seperti PVC (Polyvinyl Chloride) atau HDPE (High-density Polyethylene). 

Ada beberapa cara dalam proses pembuatan pipa cor, tapi yang saat ini banyak digunakan yaitu proses pengecoran horizontal dan sentrifugal. Sedangkan cara lainnya seperti dibawah ini 

a. Vertical Pit Process
b. Horizontal Process
c. Centrifugal Casting in Sand Molds
d. Centrifugal Casting in Metal Molds

Sedang ada kebutuhan pipa besi? Hubungi WA kami saja untuk dapatkan penawaran pipa besi lengkap yang juga dilengkapi komponen pipa terbaik dan pastinya harga yang kompetitif!

Baca juga : Inilah Perbedaan Plat Besi, Plat Kapal dan Plat Lubang

Berita Terkait

Fungsi Personal Protection Insulation pada Sistem Pipa
Apa itu PPI? Personal protection insulation ialah insulasi yang diaplikasikan untuk menyelamatkan operator / petugas dari bahaya termal pipa. Pada sebuah desain pipa, masalah personal protection merup ...
20 Oktober 2020
Apa itu Galvanis? Jenis-Jenis Metode pada Galvanis
Pipa seperti kita kenal adalah salah satu komponen yang sering digunakan dalam instalasi sistem perpipaan baik untuk industri pabrik, gedung atau perumahan. Bahan material pipa umumnya terbuat dari ca ...
13 Oktober 2020