+6221 - 2933 9521/22

082111422613 / 081380534301

sbu1@alvindocs.com / sbu2@alvindocs.com

APL Tower - Central Park Lantai 17

Tabel Nominal Ukuran Pipa dan Schedule Pipa

13 Agustus 2019

Tabel Nominal Pipe Size dan Pipe Schedule - Nominal pipe size (NPS) merupakan cara atau metode untuk memberi nama pipa berdasarkan ukuran pada diameternya, ingat ya diameter nominal pipanya, bukan diameter sebenarnya. Sebelumnya kami pernah membahasnya di sejarah dan teori dasar sistem pemipaan, bahwa ukuran pipa dilihat dari ODnya yang sering kali nilainya tak sama dengan OD aktual pada pipa. OD pipa dapat mencapai ukuran hingga 78" inc, atau kira-kira 1.8 meter jadi orang dapat mudah masuk ke dalam pipa tersebut. 

sistem perpipaan

Istilah NPS banyak digunakan di Amerika utara dengan satuan inci. Ada satu istilah lain yang sama-sama menunjukan diameter pada pipa selain NPS, yaitu Diameter Nominal [DN]. Berbeda dengan NPS, Diameter Nominal ini menggunakan satuan millimeter dan biasanya digunakan oleh banyak negara di Eropa.

Pengertian Pipe Schedule

Apa yang kurang untuk menunjukan ukuran pipa kalau diameter luarnya (OD) sudah diketahui? yaitu ketebalan pipa (thickness). Untuk ketebalan pipa ini biasa dikenal dengan sebutan schedule yang di singkat dengan sch.

Jika pipa sering digunakan pada pressure dan temperature tinggi, maka akan semakin tebal juga dinding pipanya jadi semakin besar schedule-nya. Kalau semakin kecil diameter internal dari pipanya, itu karena sebagian telah digunakan untuk ketebalan dinding dari pipanya. Dikenal dengan 3 jenis schedule, yaitu standard, extra strong (xs) dan dobel extra strong (xxs).

Nilai schedule pipa sudah ditentukan oleh ASME, tapi ada juga yang berbeda yaitu saat digunakan pada material stainless steel. Untuk material stainless steel, akan ditambahkan akhiran huruf "S" pada schedule-nya. Pipa material stainless steel tersedia dalam schedule 5S, 10S, 40S dan 80S. Sedangkan untuk pipa carbon steel tersedia schedule 10, 20, 30, 40, 60, 80, 100, 120, 140, 160, STD, XS dan XXS.

Umumnya ketebalan pipa punya schedule 40, artinya nilai sama dengan schedule STD untuk pipa 1/8 sampai dengan pipa ukuran 10 inc. Sedangkan nilai schedule Extra strong (XS) dengan schedule 80 punya ukuran tebal yang sama sampai dengan pipa ukuran 8 inc, jika pipa lebih besar dari itu maka ukuran tebalnya akan sama sebesar 12.7 mm. Sedangkan schedule XXS ukurannya lebih besar dari pada schedule 160.

Klik disini untuk melihat tabel yang jelas

Spool atau satuan panjang untuk pipa

Jika OD sudah diketahui, tebal juga sudah, lalu apa lagi yang kurang untuk menunjukan dimensi pada pipa? yaitu panjangnya. Pada satuan panjang pipa, biasanya dikenal dengan istilah spool. Satu spool pipa punya panjang 20 ft atau sekitar 6 m untuk pipa carbon steel. Selain itu, ada juga pipa yang ukurannya lebih panjang lagi, 2x panjangnya yaitu 12 meter. Biasa dikenal dengan sebutan double random length, biasa digunakan pada piperack.

Perlu Anda ketahui, karena pipa itu panjangnya terbatas, maka untuk membentuk suatu rootingan tertentu diperlukan metode penyambungan antar pipa. Kami pernah membahasnya pada artikel jenis sambungan antar pipa.

Tabel untuk schedule pipa

Untuk memudahkan dalam memahami dan menghapalkan schedule pipa, silahkan lihat tabel schedule pipa di atas. Jika kurang jelas, Anda bisa cek versi file PDFnya dibawah ini.

Cek dan download : Tabel pipe schedule 1 | Tabel pipe schedule 2

Berita Terkait

Apa itu Gate Valve? Bagaimana Cara Kerjanya?
Pada dunia perpipaan, atau proyek konstruksi, fabrikasi, mekanikal, tentunya Anda semua sudah mengenal yang namanya valve. Salah satu jenis valve yang banyak digunakan pada sistem piping yaitu Gate Va ...
12 November 2019
Mengenal Istilah Strainer, Steam Trap, Vent dan Drain
Dalam pekerjaan industrial seperti pada sistem perpipaan pastinya sering menjumpai istilah strainer, steam trap, vent dan drain. Bahkan kita juga pasti sering memasangnya, tapi terkadang kita bisa ...
05 November 2019