+6221 - 21192698/99 ext 211

081218871252

salesonline@alvindocs.com

Ruko Garden Shopping Arcade Blok B09CP

Pengukuran Laju Aliran Fluida Oil dan Gas

08 Juni 2021

Dalam bidang minyak dan gas, teknologi untuk mengukur aliran adalah sesuatu yang penting karena juga berfungsi untuk mengukur jumlah produksi yang dihasilkan dalam setiap waktunya. Bernama "flow meter" sebuah alat yang digunakan untuk mengukur aliran ini. 

Selain itu, flow meter juga bisa untuk mengukur pressure, temperature dari aliran minyak atau gas tersebut. Flow meter ini juga dapat berfungsi sebagai alat monitoring yang akan menjadikan pekerjaan lebih mudah dan tingkat keamanan yang baik saat terjadi overpressure atau kondisi yang abnormal.

Beberapa aspek yang diukur dari kinerja suatu aliran adalah accuracy, repeatability, linearity dan resolution. Dengan aspek kinerja tersebut, flow meter pun dibagi menjadi 3 jenis : Differential pressure, Positive Displacement, dan Coriolis Mass Flow Meter. Dan akan dibahas secara terpisah dan lebih jelas pada uraian dibawah ini.

Differential Pressure (DP) Flow Meter

cara mengukur laju aliran fluida

Differential Pressure (DP) flow meter memakai prinsip persamaan Bernoulli dan persamaan Kontinyuitas saat mengukur aliran fluida di dalam pipa. Apa itu prinsip keduanya? Persamaan Bernoulli menyatakan bahwa tekanan bawah (pressure drop) saat penyempitan sebanding dengan kuadrat dari laju aliran.

Saat parameter pressure diketahui dari transmitter dan diameter pipa maka laju aliran pun akan didapatkan. Jenis flow meter ini ada beberapa macamnya seperti orifice plate, flow nozzle, venturi tube, dan pitot tube. Perlu diperhatikan saat menggunakan DP flow meter model orifice plate, jangan pasang valve ataupun elbow terlalu dekat dengan flow meter karena dapat mengganggu turbulence saat pengukuran.

Positive Displacement (PD) Flow Meter

pengukuran laju fluida

Positive Displacement flow meter akan mengukur volume aliran secara langsung dan dengan cara menghitung berulang kali saat pengisian dan volume pemakaian tetap. Jenis flow meter ini terdiri dari sebuah ruangan yang akan menghalangi aliran. 

Di dalam ruangan tersebut juga terdapat perangkat mekanik yang berputar, dimana laju aliran volume akan dihitung berdasar jumlah revolusi dari perangkat mekanik tersebut, seperti revolusi vane, gear atau impeller turbin.

Jenis-Jenis Positive Displacement flow meter ini adalah Nutating disc, Oscillating piston, Oval Gear, Roots (Rotating Lobe), Helix meter, dan Rotating Valve.

Coriolis Mass Flow Meter

Seorang ahli bernama Coriolis mengatakan bahwa semua benda yang bergerak di permukaan bumi cenderung akan defleksi ke samping karena rotasinya ke arah timur dari planet ini. Pada bumi bagian utara, defleksi akan bergerak kanan. Sedangkan bumi bagian timur, defleksi akan bergerak ke kiri. 

Pergeseran ini disebut sebagai gaya coriolis. Coriolis membuat flow meter pertama pada tahun 1970-an, Coriolis memperkenalkan akselerasinya pada sungai yang mengalir dan mengukur aliran massa dengan mendeteksi momentum sudut yang dihasilkan.

fluida oil dan gas

Coriolis Mass Flow Meter juga dikenal sebagai inersia meter dimana alat ini mengukur massa dari suatu cairan yang mengalir di dalam tube. Dalam design terbaru, tube sekarang digunakan secara berpasangan yang bisa berbentuk lurus atau U, tetapi juga dapat memiliki bentuk lain yang sesuai untuk menghasilkan percepatan coriolis. 

Coriolis Mass Flow meter mengukur kekuatan yang dihasilkan dari percepatan yang disebabkan oleh massa bergerak menuju (atau jauh dari) pusat rotasi sehingga dapat mengukur aliran fluida, densitas fluida, dan suhu dinding luar pipa di flow meter tersebut. Beberapa Coriolis Mass flowmeter juga dapat mengukur viskositas fluida dalam beberapa aplikasi tertentu.

 

Berita Terkait

Wilmar Targetkan Produksi Minyak Goreng Meningkat Tahun Ini
PT Wilmar Cahaya Indonesia Tbk, salah satu industri terbesar pengolahan minyak nabati yakin akan mendapatkan hasil yang lebih baik pada tahun ini. Wilmar akan menargetkan pertumbuhan penjualan dan pro ...
24 Juni 2021
Apa itu Elbow pada Sistem Pipa?
Pipa adalah benda yang memiliki bentuk tabung dengan lubang yang terbuat dari berbagai bahan yang biasanya digunakan untuk mengalirkan fluida baik itu berbentuk cair, gas, atau udara. Fluida sendiri m ...
21 Juni 2021