+6221 - 2933 9521/22

082111422613 / 081380534301

sbu1@alvindocs.com / sbu2@alvindocs.com

APL Tower - Central Park Lantai 17

Cara Menulis Spesifikasi Komponen Pipa yang Benar

26 November 2019

Spesifikasi produk industrial seperti komponen pipa disusun melalui penyaringan keinginan dengan tujuan tercapainya kebutuhan perusahaan. Spesifikasi sendiri artinya uraian mengenai persyaratan kinerja barang atau uraian yang terperinci mengenai persyaratan kualitas material dan pekerjaan yang diberikan penyedia.

cara menulis 

spesifikasi flange pipa yang benar

Dalam memenuhi kebutuhan operasional perusahaan industri tentu saja membutuhkan barang atau produk komponen pipa seperti valve, flange, fitting dan gasket yang terjangkau dan berkualitas. Ketersediaan barang atau produk berkualitas tersebut dalam sistem perpipaan akan sangat berpengaruh dalam meningkatkan mutu produksi perusahaan. Apalagi jika kebutuhan barang tersebut punya spesifikasi yang langka dan stoknya jarang ada.

Untuk mendapat produk komponen pipa yang berkualitas maka Anda harus membuat spesifikasi terhadap barang tersebut dengan kebutuhan yang sesuai. Melihat spesifikasi teknis yang benar merupakan langkah awal dalam pengadaan barang sebelum menyusun harga perkiraan bersama finance perusahaan.

Jika di artikel sebelumnya kami sudah membahas bagaimana cara cek keaslian produk komponen pipa. Kali ini kami akan membahas bagaimana cara menulis atau cara melihat spesifikasi komponen pipa yang baik dan benar. Karena tim sales kami masih banyak menemui orang yang bingung bagaimana cara cek dan cara menulis spesifikasi barang komponen pipa yang sesuai detail dan keperluannya.

Permasalahan tersebut tentu akan sangat berpengaruh kepada tim sales kami dalam membantu mencari produk yang Anda inginkan di tempat kami. Sebagai distributor supplier valve, flange, fitting dan gasket online di Jakarta, kami berupaya memberikan bantuan dan memberikan harga terbaik kepada Anda dengan kualitas produk yang kami miliki.

Dibawah ini ada 3 tabel template item dengan cara penulisan spesifikasi yang benar. Item tersebut adalah produk komponen pipa flange, buttweld fitting dan forged fitting yang kebanyakan orang masih belum benar memberikan spesifikasi yang dibutuhkan.

cara menulis spesifikasi fitting pipa yang benar

Cara penulisan spesifikasi Flange pipa yang benar

Cara penulisan spesifikasi Buttweld Fitting pipa yang benar

Cara penulisan spesifikasi Forged Fitting pipa yang benar

Bisa dilihat ya kalau terdapat perbedaan diantara 3 komponen pipa diatas, menulis spesifikasi flange tentu berbeda dengan spesifikasi pada fitting pipa, sebaliknya juga sama. Banyak orang yang menunjukkan kepada kami spesifikasi yang seharusnya untuk flange tapi diterapkan pada fitting.

Baca juga : Standar Pengkodean pada Sistem Pipa

Memang benar terkadang ada perbedaan dalam penulisan spesifikasi produk-produk diatas, perbedaan tersebut bukan sepenuhnya salah dalam menulis tapi karena kebiasaan yang berbeda saja. Tapi cara diatas merupakan cara mudah agar tim sales kami bisa lebih cepat dalam membantu mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga sedikit penjelasan diatas bisa Anda pahami agar tidak lagi keliru dalam menulis dan menunjukkan spesifikasi komponen pipa yang sedang dibutuhkan kepada kami. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada kerabat Anda.

Berita Terkait

Begini Cara Membedakan Jenis-Jenis Stainless Steel
Material Stainless Steel biasa digunakan untuk beberapa kebutuhan sehari-hari tanpa terkecuali untuk bahan pipa dan komponen lainnya. Namun, material Stainless Steel punya beberapa jenis yaitu Aus ...
03 Desember 2019
Jenis-Jenis Globe Valve dan Cara Kerjanya
Apa itu Globe Valve?   Globe Valve merupakan valve yang punya arah gerak linier dan dirancang sebagai stopping (menghentikan aliran), membuka aliran dan mengatur aliran. Disk pada globe val ...
19 November 2019