+6221 - 2933 9521/22

082111422613 / 081380534301

sbu1@alvindocs.com / sbu2@alvindocs.com

APL Tower - Central Park Lantai 17

Apa itu Gate Valve? Bagaimana Cara Kerjanya?

12 November 2019

Pada dunia perpipaan, atau proyek konstruksi, fabrikasi, mekanikal, tentunya Anda semua sudah mengenal yang namanya valve. Salah satu jenis valve yang banyak digunakan pada sistem piping yaitu Gate Valve.

Apa itu Gate Valve?

Gate Valve merupakan jenis atau tipe valve pada sistem instalasi perpipaan yang punya fungsi untuk menghentikan dan meneruskan aliran (flow), jadi tidak akan cocok kalau dipasang untuk mengontrol debit aliran.

Pada Gate Valve, untuk mencegah aliran cairan (liquid), valve ini menggunakan lempengan (stopper) yang bergerak secara naik dan turun.

Pemasangan dan Cara Kerja Gate Valve

Cara pemasangan jenis Gate Valve secara prinsipnya sederhana, dengan menggunakan 2 konektor berulir (threaded) atau menggunakan 2 flange yang disambungkan ke sistem pipa.

Sedangkan cara kerja Gate Valve, jika pegangan (handle) diputar, bagian bonnet bergerak naik ke atas konektor dengan area stopping wedge merubah dengan memaksa gerakan menjadi naik dan turun. Handle yang menaikkan dan menurunkan stopper menempati ruang bonnet.

Saat handle diputar, maka stopper bergerak di dalam valve. Stopper masuk kedalam ruang dimana cairan melewatinya. Pada posisi buka atau tutup, valve jenis ini bisa dikenali berdasarkan tinggi rendahnya handle (pegangan). Jika posisi handle rendah berarti valve dalan kondisi terbuka, dan jika handle tinggi maka valve dalam kondisi tertutup.

Casing valve yang sedikit lebih lebar dari pipa yang tersambung memungkinkan stopper menutupi ruang aliran dan membuatnya benar-benar tertutup.

Fungsi Gate Valve

Dalam banyak hal, jenis gate valve memang didesain dan difungsikan agar bisa membuka dan menutup aliran dengan cara tertutup rapat dan terbuka penuh. Jadi sekali lagi gate valve tidak cocok untuk mengatur debit aliran karena kurang akurat dalam hal mengontrol jumlah aliran.

Gate valve jika dalam posisi tertutup sebagian bisa meningkatkan tekanan dalam suatu sistem dan kemungkinan berakibat getaran yang tak terduga dalam cairan.

Baca juga :

Jenis-Jenis Valve dan Fungsinya
Perbedaan dari Valve Ball, Valve Globe dan Valve Gate

Pemakaian Gate Valve

Gate Valve sering dipasang pada instalasi dengan temperatur dan tekanan tinggi misalnya dalam sistem instalasi :

Itulah sedikit pembahasan mengenai apa itu Gate Valve, penjelasan fungsi dan cara kerjanya. Jangan lupa bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat untuk orang yang memang sedang belajar sistem perpipaan.

Berita Terkait

Begini Cara Membedakan Jenis-Jenis Stainless Steel
Material Stainless Steel biasa digunakan untuk beberapa kebutuhan sehari-hari tanpa terkecuali untuk bahan pipa dan komponen lainnya. Namun, material Stainless Steel punya beberapa jenis yaitu Aus ...
03 Desember 2019
Cara Menulis Spesifikasi Komponen Pipa yang Benar
Spesifikasi produk industrial seperti komponen pipa disusun melalui penyaringan keinginan dengan tujuan tercapainya kebutuhan perusahaan. Spesifikasi sendiri artinya uraian mengenai persyaratan kinerj ...
26 November 2019