2022-12-30

Stok BBM Aman Walaupun Kilang Pertamina Balongan Kebakaran

Daftar isi

Tutup

fires in the forest and huge smoke

Kebakaran Kilang Minyak

Seperti Anda ketahui semua bahwa Kilang Pertamina Balongan di Indramayu, Jawa Barat, terbakar hebat pada Senin dinihari 00.45 tanggal 29 Maret 2021. Tapi pihak Pertamina menjamin bahwa stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dipastikan masih aman. Pasokan BBM saat ini, terbilang normal walaupun ada insiden terbakarnya Kilang Pertamina Balongan di Indramayu, Jawa Barat.

Stok BBM Aman

Tapi jangan khawatir, meskipun Kilang minyak besar yang berada di Indramayu mengalami kebakaran, Pertamina menjamin stok BBM akan tetap aman

Adanya peristiwa ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke warga tidak akan terganggu dan sampai sekarang ini masih berjalan normal atau seperti biasanya.

Sekarang Pertamina sedang melakukan normal shutdown untuk mengendalikan arus minyak dan mencegah kebakaran semakin meluas. Sementara itu penyebab terjadi insiden kebakaran ini belum bisa dipastikan dan masih dalam proses investigasi oleh pihak berwenang.

Baca Juga : Apa itu Pertambangan? Mengenal Industri Pertambangan Secara Luas

Sebelumnya dikabarkan bahwa beberapa orang mengalami terluka karena kebakaran di kilang PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu. BPBD Indramayu mencatat ada sekitar 5 orang yang mengalami luka berat dan 15 orang lainnya luka ringan.

Para korban tersebut yang mengalami luka memang rumahnya sangat dekat dengan kilang Pertamina. Selain warga sekitar, ada juga orang yang sedang melintas di jalan raya yang berada di sekitar lokasi kebakaran saat kejadian. Korbannya beragam ada warga sekitar dan juga pengguna jalan.

PT Pertamina saat ini sedang melakukan evakuasi kepada warga yang berada di sekitaran kilang PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Evakuasi diperlukan karena kilang minyak masih belum padam sampai berita ini diturunkan. Semoga bisa secepatnya pulih ya.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Mengapa Pipe Insulation Penting untuk Efisiensi Energi dalam Sistem Perpipaan?

Pipe insulation atau insulasi pipa memiliki peran yang signifikan dalam menjaga efisiensi energi, mencegah kerusakan pipa akibat perubahan suhu yang drastis, dan meningkatkan keberlangsungan operasional sistem.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Memahami Keunggulan Material Cast Iron untuk Infrastruktur Perpipaan

Setiap jenis cast iron memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri, dan pemilihan yang tepat tergantung pada kebutuhan aplikasi yang spesifik. Dengan memahami karakteristik masing-masing jenis cast iron, petugas maupun pemilik dapat membuat pilihan yang cerdas dalam merancang dan memilih material untuk aplikasi mereka.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Penerapan Alloy Steel dalam Sistem Perpipaan untuk Meningkatkan Ketahanan Korosi

Alloy steel telah diterapkan untuk komponen-komponen utama perpipaan; pipa, valve, fitting pipa, flange, hingga baut dan memainkan peran penting dalam berbagai industri dengan memberikan kombinasi yang unik di masing-masing elemen paduannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Process Engineer: Kunci Sukses dalam Perancangan dan Pengembangan Industri-Industri Besar

Process engineer memegang peranan kunci dalam mengoptimalkan proses produksi dalam berbagai industri. Dari perencanaan hingga implementasi, mereka bertanggung jawab untuk memastikan proses berjalan lancar dan efisien, menghasilkan produk akhir yang berkualitas. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Klasifikasi Peran dan Tanggung Jawab Profesi Piping Engineer

Seorang Piping Engineer harus memiliki pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip desain dan analisis struktural pipa, pemilihan material, standar teknis industri, serta peraturan dan kode keselamatan yang berlaku.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Heat Number: Identifikasi dan Pelacakan Material dalam Konstruksi Sistem Perpipaan

Dengan heat number, penerima komponen logam dapat memeriksa catatan pengujian kualitas, dan memverifikasi bahwa bahan tersebut memenuhi spesifikasi yang diperlukan.