2023-01-10

Konsumsi dan Performa Ketika Premium dicampur Pertamax

Daftar isi

Tutup

Premium VS Pertamax

Efisiensi dan performa setiap jenis bahan bakar mungkin beberapa orang sudah tahu atau bahkan sudah mengujinya sendiri. Tapi, bagaimana kalau 2 bahan bakar dengan oktan berbeda dicampur dalam satu tangki?

Seorang penguji melakukan eksperimen menggunakan produk bahan bakar dari Pertamina, yaitu Premium dan Pertamax. Seperti kita tahu Premium punya oktan dengan nilai 88 sedangkan Pertamax memiliki oktan 92.

Kedua bahan bakar ini disatukan dengan jumlah atau volume yang sama ke dalam tangki berkapasitas 12 liter dengan motor tipe Honda CB150R. Untuk mengetahui berapa konsumsi bahan bakarnya, penguji menggunakan metode penghitungan full to full.

Motor Honda CB150R ini digunakan sehari-hari di jalanan kota Jakarta dengan jarak tempuh sekitar 51 km. Selama pengujian ini hasilnya didapatkan BBM campuran itu dikonsumsi sebanyak 1 liter setiap 42,5km.

Angka ini secara tak langsung membuat bensin campuran ini lebih irit dibandingkan dengan Pertalite yang juga telah diuji di motor yang sama dengan hasil 1 liter setiap 41,6km.

4 gasline pipe

Tidak hanya konsumsi bahan bakar, akan tetapi bagaimana performa motor menggunakan bahan bakar campuran ini akan berbeda pula. Untuk mengetahuinya, penguji menggunakan fasilitas dyno test dari Aerospeed 74 Speedshop di Jakarta.

Campuran Pertamax dan Premium pada motor yang diuji ini menghasilkan tenaga sebesar 13.80 hp pada 8.710 rpm. Sementara itu untuk torsinya tercatat di angka 12,28 nm di 6.930 rpm. Perlu diingat hasil pengujian ini dapat berbeda dengan motor yang sama dengan kondisi berbeda.

Tapi perlu diingat, jangan terlalu terbawa suasana hingga selalu menggunakan metode ini, perhatikan juga aspek keselamatan dan keamanan mesin. Barangkali mesin yang Anda gunakan tidak cocok dengan metode ini, untuk lebih detail nya silahkan tanyakan pada para ahli di bidang ini. Kunjungi website kami untuk mendapatkan inquiry mengenai produk pada sistem perpipaan

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengimplementasikan Pipe Purging sebagai Strategi Perawatan Rutin

Pipe purging, sebuah metode yang dirancang untuk membersihkan dan menyiapkan pipa sebelum penggunaan atau pengujian lebih lanjut. Simak informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Kerusakan pada Valve: Mengidentifikasi Masalah dan Strategi Pencegahan

Valve, yang merupakan komponen penting dalam berbagai sistem industri, seringkali mengalami masalah tertentu, yang jika dibiarkan dapat mengganggu kinerja operasional. Pemeliharaan dan pemantauan secara teratur menjadi kunci dalam mencegah kerusakan tersebut.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
04
.
01
.
24

Peran Welder Serta Kualifikasi, Tips hingga Kisaran Gaji

Seorang Welder Profesional masih sangat dibutuhkan di industri manapun. Namun sebelum itu, Anda perlu mengenal apa itu welder, keterampilan, tantangan, kisaran gaji hingga prospek masa depan. Simak artikel berikut ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
04
.
01
.
24

Ketahui Ilmunya Sebelum Berkarir di Industri MiGas

3 pilar dalam industri Minyak bumi dan gas. Pahami ilmunya dan gambaran lengkapnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
23
.
11
.
23

Perbedaan Distributor Supplier Agen dan Reseller

Apa itu distributor, supplier, agen dan reseller. penjelasan serta perbedaannya antara ketiganya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
26
.
09
.
23

Jenis Alat Pelindung Diri APD Untuk Pekerja Konstruksi

Jenis alat perlindungan diri K3 serta fungsinya dan macam macam alat pelindung diri untuk pekerja konstruksi dan alat berat