2022-08-22

Pengukuran Laju Aliran Fluida Oil dan Gas

Daftar isi

Tutup

Dalam bidang minyak dan gas, teknologi untuk mengukur aliran adalah sesuatu yang penting karena juga berfungsi untuk mengukur jumlah produksi yang dihasilkan dalam setiap waktunya. Bernama "flow meter" sebuah alat yang digunakan untuk mengukur aliran ini. 

Selain itu, flow meter juga bisa untuk mengukur pressure, temperature dari aliran minyak atau gas tersebut. Flow meter ini juga dapat berfungsi sebagai alat monitoring yang akan menjadikan pekerjaan lebih mudah dan tingkat keamanan yang baik saat terjadi overpressure atau kondisi yang abnormal.

Beberapa aspek yang diukur dari kinerja suatu aliran adalah accuracy, repeatability, linearity dan resolution. Dengan aspek kinerja tersebut, flow meter pun dibagi menjadi 3 jenis : Differential pressure, Positive Displacement, dan Coriolis Mass Flow Meter. Dan akan dibahas secara terpisah dan lebih jelas pada uraian dibawah ini.

Differential Pressure (DP) Flow Meter

Differential Pressure (DP) flow meter memakai prinsip persamaan Bernoulli dan persamaan Kontinyuitas saat mengukur aliran fluida di dalam pipa. Apa itu prinsip keduanya? Persamaan Bernoulli menyatakan bahwa tekanan bawah (pressure drop) saat penyempitan sebanding dengan kuadrat dari laju aliran.

Saat parameter pressure diketahui dari transmitter dan diameter pipa maka laju aliran pun akan didapatkan. Jenis flow meter ini ada beberapa macamnya seperti orifice plate, flow nozzle, venturi tube, dan pitot tube. Perlu diperhatikan saat menggunakan DP flow meter model orifice plate, jangan pasang valve ataupun elbow terlalu dekat dengan flow meter karena dapat mengganggu turbulence saat pengukuran.

differential pressure flow meter with digital data

Positive Displacement (PD) Flow Meter

Positive Displacement flow meter akan mengukur volume aliran secara langsung dan dengan cara menghitung berulang kali saat pengisian dan volume pemakaian tetap. Jenis flow meter ini terdiri dari sebuah ruangan yang akan menghalangi aliran. 

Di dalam ruangan tersebut juga terdapat perangkat mekanik yang berputar, dimana laju aliran volume akan dihitung berdasar jumlah revolusi dari perangkat mekanik tersebut, seperti revolusi vane, gear atau impeller turbin.

Jenis-Jenis Positive Displacement flow meter ini adalah Nutating disc, Oscillating piston, Oval Gear, Roots (Rotating Lobe), Helix meter, dan Rotating Valve.

red positive displacement flow meter

Baca Juga : Begini Cara Menjadi Pipe Welder Profesional

Coriolis Mass Flow Meter

Seorang ahli bernama Coriolis mengatakan bahwa semua benda yang bergerak di permukaan bumi cenderung akan defleksi ke samping karena rotasinya ke arah timur dari planet ini. Pada bumi bagian utara, defleksi akan bergerak kanan. Sedangkan bumi bagian timur, defleksi akan bergerak ke kiri. 

Pergeseran ini disebut sebagai gaya coriolis. Coriolis membuat flow meter pertama pada tahun 1970-an, Coriolis memperkenalkan akselerasinya pada sungai yang mengalir dan mengukur aliran massa dengan mendeteksi momentum sudut yang dihasilkan.

Coriolis Mass Flow Meter juga dikenal sebagai inersia meter dimana alat ini mengukur massa dari suatu cairan yang mengalir di dalam tube. Dalam design terbaru, tube sekarang digunakan secara berpasangan yang bisa berbentuk lurus atau U, tetapi juga dapat memiliki bentuk lain yang sesuai untuk menghasilkan percepatan coriolis. 

Coriolis Mass Flow meter mengukur kekuatan yang dihasilkan dari percepatan yang disebabkan oleh massa bergerak menuju (atau jauh dari) pusat rotasi sehingga dapat mengukur aliran fluida, densitas fluida, dan suhu dinding luar pipa di flow meter tersebut. Beberapa Coriolis Mass flow meter juga dapat mengukur viskositas fluida dalam beberapa aplikasi tertentu.

coriolis mass blue flow meter

 

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Mengapa Pipe Insulation Penting untuk Efisiensi Energi dalam Sistem Perpipaan?

Pipe insulation atau insulasi pipa memiliki peran yang signifikan dalam menjaga efisiensi energi, mencegah kerusakan pipa akibat perubahan suhu yang drastis, dan meningkatkan keberlangsungan operasional sistem.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Memahami Keunggulan Material Cast Iron untuk Infrastruktur Perpipaan

Setiap jenis cast iron memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri, dan pemilihan yang tepat tergantung pada kebutuhan aplikasi yang spesifik. Dengan memahami karakteristik masing-masing jenis cast iron, petugas maupun pemilik dapat membuat pilihan yang cerdas dalam merancang dan memilih material untuk aplikasi mereka.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Penerapan Alloy Steel dalam Sistem Perpipaan untuk Meningkatkan Ketahanan Korosi

Alloy steel telah diterapkan untuk komponen-komponen utama perpipaan; pipa, valve, fitting pipa, flange, hingga baut dan memainkan peran penting dalam berbagai industri dengan memberikan kombinasi yang unik di masing-masing elemen paduannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Process Engineer: Kunci Sukses dalam Perancangan dan Pengembangan Industri-Industri Besar

Process engineer memegang peranan kunci dalam mengoptimalkan proses produksi dalam berbagai industri. Dari perencanaan hingga implementasi, mereka bertanggung jawab untuk memastikan proses berjalan lancar dan efisien, menghasilkan produk akhir yang berkualitas. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Klasifikasi Peran dan Tanggung Jawab Profesi Piping Engineer

Seorang Piping Engineer harus memiliki pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip desain dan analisis struktural pipa, pemilihan material, standar teknis industri, serta peraturan dan kode keselamatan yang berlaku.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Heat Number: Identifikasi dan Pelacakan Material dalam Konstruksi Sistem Perpipaan

Dengan heat number, penerima komponen logam dapat memeriksa catatan pengujian kualitas, dan memverifikasi bahwa bahan tersebut memenuhi spesifikasi yang diperlukan.