2023-11-23

Kenapa Pembakaran Gas Dilakukan di Flare Stack?

Daftar isi

Tutup

Industri minyak dan gas memiliki banyak sekali bagian di dalam fasilitas pengolahannya yang semuanya berperan penting dalam kelancaran proses produksi, salah satunya yaitu flare stack.

Flare stack, masih terdengar asing bagi masyarakat awam maupun yang baru terjun di dunia industri migas. Maka dari itu, mari kita bahas secara mendalam tentang flare stack dan perannya dalam menjaga kelancaran dan keselamatan operasional, serta dampaknya terhadap lingkungan.

Apa itu Flare Stack?

Jika Anda pernah melihat di TV, internet, atau mengunjungi suatu tempat khususnya wilayah Riau, Rilacap, Cepu atau tempat di mana terdapat perusahaan pengolahan minyak dan gas lainnya, Anda mungkin melihat suatu rangkaian konstruksi yang terlihat seperti menara yang di ujungnya keluar api besar, menara inilah yang disebut dengan flare stack.

Flare stack merupakan sebuah struktur vertikal seperti menara atau cerobong terakhir dari suatu proses pengolahan minyak pada sektor upstream, di mana semua gas yang tidak dapat diproses dan telah dipisahkan dari minyak akan diarahkan ke flare stack untuk dibakar.

Fungsi utama flare stack adalah untuk membakar gas berbahaya seperti metana, hidrogen sulfida, dan gas-gas lainnya yang dapat muncul selama proses pengolahan. Proses pembakaran ini menghasilkan api dan asap, yang nantinya dilepaskan ke atmosfer.

Mengapa Sisa Gas Dibuang di Flare Stack?

Setelah mengetahui definisinya, mungkin Anda akan bertanya-tanya, mengapa pada proses ini gas harus dibakar? Padahal gas ini adalah salah satu energi yang dapat diolah untuk dimanfaatkan kembali.

Jawabannya, tergantung pada jumlah gas yang dihasilkan dari pemisahan minyak tersebut. Biasanya, gas yang diproduksi pada pengolahan minyak (light oil) sektor upstream ini seringkali tidak ekonomis untuk diolah dan digunakan.

Baca Juga : Pahami Cara Baca Kode Standard ASME

flare stack terbesar indonesia

Baca Juga : Apa itu Steam Tracing Dalam Sistem Perpipaan

Artinya, kalau Anda seorang pengusaha di bidang minyak dan gas, Anda akan merugi jika Anda memanfaatkan gas tersebut. Sebab, jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan pengolahan gas ini jauh lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan.

Di sisi lain, faktor lingkungan juga menjadi alasan mengapa gas ini harus dibakar. Seperti yang disebutkan di atas, gas yang dihasilkan dari pemisahan minyak ini sebagian besar merupakan gas berbahaya, seperti metana yang merupakan gas rumah kaca yang berperan terhadap pemanasan global, sama seperti karbondioksida. Bedanya, gas metana bahkan 20x lebih merusak daripada karbondioksida.

Karena alasan tersebut, gas yang diproduksi bisa membahayakan kesehatan dan kehidupan manusia. Terlebih jika udara lembab, maka gas akan lebih berat dari udara, ini akan membuat gas turun mencapai tanah dan meningkatkan kemungkinan untuk terjadi kebakaran yang jelas merugikan.

Dapat disimpulkan bahwa flare stack menjadi elemen yang tak terpisahkan dalam menjaga keamanan di industri migas. Perannya tidak hanya berhenti untuk membakar gas berbahaya, tetapi juga dalam upaya mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan sekitar. Meskipun demikian, dengan tantangan dan perubahan terus muncul, dapat mendorong inovasi dan penelitian lebih lanjut untuk mengoptimalkan peran flare stack atau mengeksplorasi alternatif yang lebih efisien menuju proses yang jauh lebih aman dan berkelanjutan.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Mengapa Pipe Insulation Penting untuk Efisiensi Energi dalam Sistem Perpipaan?

Pipe insulation atau insulasi pipa memiliki peran yang signifikan dalam menjaga efisiensi energi, mencegah kerusakan pipa akibat perubahan suhu yang drastis, dan meningkatkan keberlangsungan operasional sistem.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Memahami Keunggulan Material Cast Iron untuk Infrastruktur Perpipaan

Setiap jenis cast iron memiliki keunggulan dan kelemahan sendiri, dan pemilihan yang tepat tergantung pada kebutuhan aplikasi yang spesifik. Dengan memahami karakteristik masing-masing jenis cast iron, petugas maupun pemilik dapat membuat pilihan yang cerdas dalam merancang dan memilih material untuk aplikasi mereka.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Penerapan Alloy Steel dalam Sistem Perpipaan untuk Meningkatkan Ketahanan Korosi

Alloy steel telah diterapkan untuk komponen-komponen utama perpipaan; pipa, valve, fitting pipa, flange, hingga baut dan memainkan peran penting dalam berbagai industri dengan memberikan kombinasi yang unik di masing-masing elemen paduannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Process Engineer: Kunci Sukses dalam Perancangan dan Pengembangan Industri-Industri Besar

Process engineer memegang peranan kunci dalam mengoptimalkan proses produksi dalam berbagai industri. Dari perencanaan hingga implementasi, mereka bertanggung jawab untuk memastikan proses berjalan lancar dan efisien, menghasilkan produk akhir yang berkualitas. 

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Klasifikasi Peran dan Tanggung Jawab Profesi Piping Engineer

Seorang Piping Engineer harus memiliki pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip desain dan analisis struktural pipa, pemilihan material, standar teknis industri, serta peraturan dan kode keselamatan yang berlaku.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
07
.
03
.
24

Heat Number: Identifikasi dan Pelacakan Material dalam Konstruksi Sistem Perpipaan

Dengan heat number, penerima komponen logam dapat memeriksa catatan pengujian kualitas, dan memverifikasi bahwa bahan tersebut memenuhi spesifikasi yang diperlukan.