2024-01-04

Istilah Car Seal Open dan Close (CSO/CSC) Perpipaan

Daftar isi

Tutup

Istilah Car Seal Open [CSO] merupakan perangkat pengaman pada valve atau komponen pipa lain untuk menghindari agar tidak ada orang yang tak berkepentingan membuka/menutup valve, atau dalam hal ini, (CSO) valve terkunci pada saat terbuka. Jadi, fungsinya seperti pengaman atau penahan agar valve maupun komponen pipa lain tidak diutak-utik orang lain.

Dilihat dari bentuknya, CSO dan CSC mirip seperti yang ada pada kargo atau container. Kalau Anda melihat pada belakang mobil container tersebut biasanya akan terdapat segel (seal). Sekali lagi, seal tersebut punya fungsi agar tidak bisa dibuka oleh orang yang tak berkepentingan, sehingga jika segel tersebut rusak, kita akan tahu kalau ada orang yang mencoba membukanya.

Jika ada seal, orang lain tentunya akan berpikir dua kali untuk mencoba membukanya, karena sudah pasti akan ketahuan. Sedangkan kalau sealnya tidak ada, orang lain akan cenderung penasaran dan mencoba iseng membukanya.

Baca Juga : Pahami Cara baca Kode Standard ASME

Di Mana CSO (Car Seal Open) dan CSC (Car Seal Close) Biasanya Ditemukan?

Anda akan menemukan CSO dan CSC pada Piping and Instrument Diagram (PID). Lalu, di mana menemukannya dalam PID? Kalau dilihat lebih dalam, maka anda akan menemukan CSO dan CSC pada Pressure Safety Valve (PSV).

Pada sistem perpipaan, istilah CSO dan CSC dapat ditemui pada pabrik yang memiliki aliran fluida yang panas atau terlalu dingin, dan fungsinya sangatlah penting dalam keamanan sistem perpipaan.

Sebuah sistem pipa mempunyai lebih dari satu PSV, biasanya double. PSV tersebut satu aktif dan satunya untuk spare (cadangan). Karena fungsi PSV penting, maka alat ini harus berfungsi sebagaimana mestinya. Jangan sampai menemukan PSV secara berbarengan rusak, atau sedang dalam perawatan.

car seal close valve ACS

Baca Juga : Jenis Pipa dan Fungsinya

Karena posisi PSV ada yang aktif dan satunya sebagai cadangan, Anda perlu menguncinya. Caranya yaitu dengan menyegel block valve (valve menuju PSV) dengar car seal. Salah satu valve yang terletak menuju PSV aktif diberikan CSO, sedangkan sisi yang lain diberikan CSC.

Lalu, selain di PSV, di mana lagi bisa menemukan CSO atau CSS ini? biasanya digunakan juga pada sistem water supply, atau bisa juga digunakan untuk tujuan keamanan pada umumnya.

Baca Juga : Pengertian dan Rangkaian Pekerjaan Pipe Fitter

Bentuk dan Cara Kerja Car Seal

Bentuk CSO dan CSC bisa dikatakan seperti kabel, seal ini terbuat dari metal yang bisa dilengkungkan atau dibengkokan masuk ke lubang pada stiran yang ada di valve. Cara kerjanya mirip seperti kabel tie, yaitu setelah memasukan metal seal tadi ke dalam segel, maka metal juga akan terkunci, valve pun akan tersegel. Untuk membuka kembali valve, car seal harus dirusak atau dipotong paksa.

Cars seal umumnya terdiri dari berbagai warna dan kode. Warna hijau untuk tanda valve terbuka, dan merah untuk tertutup. Pengkodean warna bisa berbeda tergantung perusahaan masing-masing. Contohnya, biru digunakan untuk segel ‘operation’ yang dilakukan oleh staff proses. Artinya, untuk membuka segel warna biru bisa berakibat terpengaruhnya hasil produksi.

car seal open dan car seal close

Demikian ulasan dari kami mengenai CSO dan CSC ini. Semoga dapat membantu Anda dan menjadikan bahan referensi ini sebagai pembelajaran pada sistem perpipaan. Jika anda membutuhkan komponen pipa dengan berbagai brand terpercaya, Anda bisa langsung cek saja di www.alvindocs.com.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
02
.
24

Half Coupling: Fungsi, Spesifikasi, dan Aplikasi di Industri

Temukan bagaimana half coupling bekerja, spesifikasi yang perlu diketahui, serta beragam penerapannya di industri. Pelajari lebih lanjut dalam artikel ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
02
.
24

Mengenal Reducer Coupling, Satu Komponen untuk Dua Diameter Berbeda

Temukan definisi, cara kerja, dan beragam keunggulan reducer coupling. Pelajari bagaimana komponen ini berperan dalam mereduksi diameter pipa.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
02
.
24

Memahami Penggunaan Threaded Flange dalam Sistem Perpipaan

Temukan definisi, cara kerja, dan beragam keunggulan threaded flange. Pelajari bagaimana komponen ini menjadi solusi praktis dalam penyambungan pipa.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
02
.
24

Apa itu Flange Pipa dan Jenis Jenis Flange Pipa Besi

Macam-macam flange pipa besi. Metode pemasangan flange. Menjual Flange harga dan berbagai ukuran (1 inch, 2 inch, 4 inch, 6 inch) cara pengelasan dan fungsi

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
20
.
02
.
24

Apa itu Fitting Pipe Nipple dan Jenis-Jenisnya

Pelajari definisi, fungsi, dan jenis-jenis fitting pipa nipple dalam sistem pipa. Temukan bagaimana fitting pipa nipple menjadi solusi yang efisien dalam penghubung pipa. Baca sekarang!