2024-02-20

Mengenal Reducer Coupling, Satu Komponen untuk Dua Diameter Berbeda

Daftar isi

Tutup

Coupling merupakan bagian dari forged fittings yang berfungsi untuk menghubungkan dua pipa atau komponen lainnya. Dalam sistem perpipaan, coupling terdiri dari tiga tipe, yaitu full coupling, half coupling, dan reducer coupling. Masing-masing tipe memiliki bentuk dan kegunaannya masing-masing dalam menjaga integritas sistem perpipaan.

Baca Juga : PTFE Gasket: Pengertian, Keuntungan, Karakteristik, dan Tips Memilihnya

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang reducer coupling mulai dari fungsi dan pengaplikasiannya dalam sistem perpipaan serta melihat bagaimana jenis coupling ini dapat  memfasilitasi penyambungan antara pipa dengan diameter berbeda. Simak informasi selengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Reducer Coupling

Pada sistem perpipaan yang kompleks, seringkali membutuhkan penyambungan dua pipa dengan diameter berbeda. Menyambung pipa dengan diameter berbeda memerlukan penggunaan reducer coupling karena fitting pipa ini khusus dirancang untuk memudahkan pemasangan berbagai ukuran pipa yang berbeda diameter dengan tetap menjaga integritas saluran pipa.

Baca Juga : Reducer : Definisi, Fungsi dan Perbedaan Eccentric dan Concentric

Fitting pipa jenis reducer coupling tersedia untuk sebagian besar jenis pipa, termasuk baja, tembaga, dan PVC, serta untuk berbagai ukuran pipa dan kombinasi konfigurasi. Karena hanya sedikit saluran pipa yang seluruhnya terdiri dari satu ukuran pipa, menjadikan reducer coupling bagian penting dari tata letak sebagian besar instalasi pipa.

Baca Juga : Definisi Valve, Jenis, Fungsi dan Cara Pengoperasian

Reducer coupling juga dapat digunakan untuk menyambungkan komponen tambahan berdiameter kecil, seperti valve, flow meter, dan port ke dalam saluran pipa berdiameter besar seperti yang ada di rangkaian pipa industri petrokimia bertekanan tinggi.

Prinsip Kerja Reducer Coupling

Prinsip kerja reducer coupling didasarkan pada desainnya yang memungkinkan aliran fluida atau gas dari pipa dengan diameter yang lebih besar menuju pipa dengan diameter yang lebih kecil atau sebaliknya. Reducer coupling biasanya terdiri dari dua bagian, yaitu bagian yang menyesuaikan diameter (reducer) dan bagian yang memungkinkan koneksi antara dua pipa (coupling). Ketika dipasang, reducer coupling secara efektif mengurangi atau memperbesar diameter pipa secara bertahap sehingga aliran dapat terjadi dengan lancar tanpa terjadi hambatan.

Manfaat Penggunaan Reducer Coupling

Ketika mengoperasikan sistem perpipaan, aliran fluida yang lancar dan stabil merupakan faktor krusial untuk menjaga kinerja yang baik. Reducer coupling, sebagai komponen penting dalam sistem ini, berkontribusi secara signifikan dalam mencapai efisiensi aliran yang diinginkan karena dapat meminimalisir turbulensi serta membuat perubahan tekanan aliran lebih terkendali.

Baca Juga : Spiral Wound Gasket : Komponen, Kelebihan dan Harga Terbaru

Aliran fluida yang terganggu oleh turbulensi dapat menghambat efisiensi aliran. Sesuai bentuknya, reducer coupling memungkinkan aliran transisi yang halus dari pipa yang lebih besar ke pipa yang lebih kecil. Dengan perubahan ukuran pipa yang gradual, turbulensi dapat diredam, mengurangi gesekan dan perubahan kecepatan yang tiba-tiba yang dapat menghambat aliran fluida.

Baca Juga : Apa itu Boiler, Fungsi, Komponen dan Cara Merawatnya

Selain itu, saat aliran fluida bergerak melalui perubahan ukuran pipa, terjadi perubahan tekanan yang bisa mempengaruhi kinerja keseluruhan sistem. Reducer coupling membantu mengontrol perubahan tekanan ini dengan cara mengurangi perubahan tekanan aliran. Hal tersebut juga membantu meminimalkan kemungkinan penurunan tekanan yang berlebihan dan membantu menjaga distribusi aliran yang lebih merata.

Harga Reducer Coupling Terbaru di ACS

ACS menyediakan produk coupling yang dapat membantu memenuhi kebutuhan sistem perpipaan Anda. Dengan standar ASME B16.11 class #150 sampai #9000, ACS menjual coupling fitting jenis full coupling, half coupling, dan reducer coupling ukuran ¼” hingga 4” yang terbuat dari bahan stainless steel dan carbon steel.

Baca Juga : Daftar Harga Valve Pipa Terbaru 2023

Reducer coupling yang ada di ACS diproduksi oleh manufaktur half coupling terpercaya seperti merek GBA, Bothwell, IML, dan M.E.G.A. Dapatkan reducer coupling untuk menghubungkan pipa beda diameter di sistem perpipaan Anda hanya di ACS dengan harga mulai dari Rp24.000,- hingga Rp800.000,- dengan menghubungi admin sales atau beli langsung di Tokopedia.

Baca Juga : Harga Pipa Stainless Steel 2023 Tiap Ukuran dan Merk

Demikian informasi tentang reducer coupling, fitting pipa dengan fungsi utama yaitu menyambungkan dua pipa atau dua komponen dengan diameter berbeda namun tetap dapat menjaga integritas aliran fluida dengan baik. Semoga dapat menambah informasi Anda sebelum memilih reducer coupling untuk aplikasi perpipaan Anda.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Lebih Jauh Union Fitting pada Pipa

Union fitting berfungsi untuk menggabungkan pipa yang dapat dilepas pasang tanpa perlu pembongkaran. Mari mengenal lebih jauh mengenai union fitting ini mulai dari jenis, standar hingga harga.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Equal Tee: Definisi, Fungsi, dan Material Terbaik untuk Sistem Pipa

Pelajari definisi, fungsi, dan material terbaik yang digunakan dalam equal tee untuk sistem pipa. Temukan cara mengoptimalkan penggunaan equal tee dalam instalasi pipa Anda. Pelajari lebih lanjut di sini!

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Mengenal Weldolet Lebih Dalam Serta Cara Memilih dan Pemasangan

Temukan segala hal tentang weldolet dalam artikel ini. Pelajari pengertian, keunggulan, dan langkah-langkah pemasangan yang efektif. Jelajahi aplikasi weldolet dalam industri dan manfaatnya sebagai sambungan pipa yang kuat dan efisien.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Memahami End Cap Fitting: Jenis, Material, dan Harga Saat Ini

Pada sistem perpipaan pasti Anda akan membutuhkan end cap fitting untuk menutup aliran yang tidak digunakan. Apa itu end cap fitting? Mari mengenal lebih jauh serta kisaran harga saat ini.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
01
.
04
.
24

Ring Joint Gasket: Pengertian, Material, dan Pengaplikasiannya dalam Industri

Temukan pengertian lengkap tentang ring joint gasket dan beragam material pilihan yang dapat digunakan. Pelajari bagaimana aplikasi gasket ini memberikan performa penyegelan yang handal dalam berbagai industri.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
21
.
03
.
24

Aktuator Valve: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Pelajari definisi serta peran penting aktuator dalam operasi valve, jenis-jenisnya, dan evaluasi kelebihan serta kekurangannya.