2024-04-11

Menelusuri Lokasi-Lokasi Tambang Batubara di Indonesia

Daftar isi

Tutup

Akhir tahun 2023 lalu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru saja meresmikan kegiatan produksi tambang milik PT Sumber Daya Energi (SDE), perusahaan tambang bawah tanah yang terafiliasi dengan Qinfa Group Ltd. di tambang SDE 1, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Lokasi tambang ini merupakan tambang batubara bawah tanah pertama di Indonesia.

Melansir Bisnis.com, Plt Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Bambang Suswantono mengatakan bahwa lokasi ini akan menjadikan PT SDE sebagai perusahaan pertambangan batu bara terbesar di Indonesia, yang memproduksi batu bara dengan metode tambang bawah tanah yang didesain untuk memproduksi batu bara maksimum mencapai 20 juta per tahun.

Bambang juga mengatakan harapannya akan keberadaan tambang batubara bawah tanah modern dapat meningkatkan pendapatan negara dan menjadi contoh bagi industri pertambangan batubara di dalam negeri. Selain itu, Bambang juga mengharapkan tambang ini akan memperbaiki iklim investasi di sektor pertambangan batubara bawah tanah dengan memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungan.

Selain tambang batubara yang terafiliasi dengan Qinfa Group Ltd., di mana lagi letak tambang batubara di Indonesia? Jika Anda belum mengetahui, mari simak informasi berikut selengkapnya.

Tentang Batubara

Batubara adalah sumber daya alam yang penting untuk menghasilkan energi, terutama dalam pembangkit listrik dan industri, dalam negeri maupun untuk ekspor. Selain itu, batubara juga digunakan dalam industri, seperti produksi baja dan semen.

Ada dua metode utama penambangan batubara: penambangan terbuka (surface mining) dan penambangan bawah tanah (underground mining). Metode yang digunakan tergantung pada kedalaman dan geologi batubara yang ditambang. Di Indonesia sendiri, kedua metode ini umumnya digunakan.

Tambang Batubara di Indonesia

Batubara di Indonesia merupakan salah satu aset penting dalam perekonomian negara ini. Indonesia memiliki salah satu cadangan batubara terbesar di dunia, dan batubara telah lama menjadi salah satu komoditas ekspor utama yang memberikan kontribusi signifikan terhadap penerimaan devisa negara.

Lokasi Penghasil Batubara Terbesar di Indonesia

Tambang batubara tersebar di berbagai belahan dunia, dengan cadangan terbesar terdapat di negara-negara seperti Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok, India, dan Australia. Di Indonesia, tambang batubara juga cukup melimpah, terutama di Kalimantan dan Sumatera. Beberapa lokasi penambangan batubara di Indonesia antara lain:

Kalimantan

Di pulau Kalimantan, terdapat dua lokasi tambang batubara terbesar yaitu berada di Pulau Laut dan Samarinda. Pulau Laut berada di Kalimantan Selatan dan telah menjadi salah satu daerah penghasil batubara terbesar di Indonesia karena dapat menghasilkan batu bara sebanyak 160 juta ton dan hasilnya diekspor ke negara Jepang, Cina, dan Amerika Serikat. Selain batubara dan bahan tambang lainnya, daerah ini juga dikenal akan potensinya dalam sektor pertanian dan perikanan yang menjanjikan. 

Di kota Samarinda, Kalimantan Timur, tepatnya di sepanjang Sungai Berau, terdapat jenis batubara dengan kualitas terbaik dengan lokasi pertambangan yang besar. Daerah ini dapat menghasilkan batu bara sebanyak 82 juta ton.

Sumatera

Di Pulau Sumatera, terdapat tiga lokasi tambang terbesar yang berada di Aceh dan Sumatera Selatan. Di Aceh, lokasinya berada di Kota Meulaboh, Aceh Barat yang menjadi salah satu daerah penghasil batubara terbesar di Indonesia hingga mencapai 500 juta ton. Batubara yang dihasilkan juga tidak kalah unggul dengan yang ada di Samarinda.

Selain Meulaboh, Kabupaten Lahat di Provinsi Sumatera Selatan juga mampu menghasilkan hingga 20 juta ton batu bara per tahunnya, di sekitar 36 perusahaan batubara dengan luas wilayah sekitar 31,454,4 hektar. Masih di Sumatera Selatan, daerah lainnya yaitu Tanjung Enim yang hingga saat ini sudah menghasilkan sekitar 1,59 miliar ton batubara. Menariknya, lokasi tambang ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Papua

Daerah Papua memang memiliki kekayaan alam yang tak terhitung jumlahnya. Bahkan, untuk batubara sendiri, Sorong merupakan salah satu lokasi tambang pengekspor terbesar yang ada di Indonesia. Tidak hanya batubara, tambang yang dihasilkan dari Papua banyak sekali. Mulai dari emas, marmer, hingga minyak bumi. Sorong sendiri dapat menghasilkan batu bara hingga 1,2 juta ton per tahunnya.

Dari penjabaran di atas, dapat kita lihat bahwa tambang batubara di Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam ekonomi negara, memberikan kontribusi signifikan terhadap penerimaan negara dan menjadi sumber lapangan kerja bagi banyak orang. Namun, perlu diingat bahwa keberlanjutan lingkungan dan keselamatan kerja juga harus menjadi fokus utama dalam operasi tambang ini. 

Maka dari itu, penting bagi pemerintah, industri, dan masyarakat untuk bekerja sama dalam menjaga keseimbangan antara eksploitasi sumber daya alam dengan perlindungan lingkungan dan kesejahteraan sosial. Dengan menerapkan praktik-praktik terbaik dalam industri pertambangan dan menerapkan teknologi yang lebih ramah lingkungan, kita dapat memastikan bahwa tambang batubara di Indonesia dapat memberikan manfaat jangka panjang yang berkelanjutan bagi semua pihak.

Penulis

Om Vin
Om Vin adalah full-time in-house engineer ACS dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri pipa fitting dan sangat gemar dengan tantangan.

Share

  • Facebook
  • Tweet
  • Whatsapp
  • LinkedIn

Artikel lainnya

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Memahami Cara Kerja Flow Meter dan Pentingnya Mengukur Aliran pada Sistem

Pentingnya memastikan kuantitas setiap fluida akurat di seluruh proses kerja, dari awal hingga akhir secara berkala untuk memastikan seluruh proses kerja seperti perpindahan cairan dan pengendalian fluida berfungsi secara akurat, lancar, dan aman. Bisa dilakukan menggunakan Flow Meter.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Mengoptimalkan Efisiensi Jaringan Perpipaan dengan Smart Pipeline

Smart Pipeline bisa dibilang merupakan sebuah lompatan kemajuan yang signifikan dalam inovasi terkait pengangkutan dan pendistribusian sumber daya yang penting. Kombinasi sensor dan analisis data tidak dapat dipungkiri bisa meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Meningkatkan Efisiensi dan Keberlanjutan Industri melalui Rehabilitasi Pipa

Seperti halnya infrastruktur lainnya, pipa-pipa industri juga rentan terhadap berbagai masalah dan kerusakan seiring berjalannya waktu. Rehabilitasi pipa bisa menjadi solusinya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Piping abbreviations: Istilah dan Singkatan Penting dalam Sistem Perpipaan

Menggali lebih dalam dunia perpipaan seringkali dihadapkan pada berbagai istilah dan singkatan yang mungkin membingungkan bagi yang belum berpengalaman. ACS telah merangkum beberapa untuk Anda ketahui.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Itu Sistem HVAC dan Apa Saja Manfaat serta Dampaknya?

Meskipun sistem ini telah diaplikasikan secara luas, masih banyak yang belum familiar akan istilah sistem HVAC, terlebih pemahaman yang mendalam tentang komponen-komponen dan fungsinya. Mari kita ulas informasi selengkapnya.

Alvindo Catur Sentosa Placeholder image
11
.
04
.
24

Apa Saja 6 Tahapan Proses Pembuatan BBM?

Perlu diketahui bahwa setiap tetes bahan bakar yang kita gunakan melalui kendaraan atau peralatan listrik telah menjalani serangkaian proses yang kompleks. Apa saja prosesnya?